Zainul Rifan


Wartawan Tadatodays.com | 2021-12-14 18:33:43

Sesuai Data KPC-PEN, Kabupaten Probolinggo Belum Bisa Vaksinasi Usia 6-12 Tahun

VAKSINASI: Dari data Dinas Kesehatan Kabupaten Probolinggo, capaian vaksinasi secara umum sudah mencapai 73 persen dan vaksinasi lansia 60 persen. Tapi karena data pada KPC-PEN lebih rendah, maka Kabupaten Probolinggo belum bisa melakukan vaksinasi anak usia 6-12 tahun.

PROBOLINGGO, TADATODAYS.COM - Vaksinasi untuk anak usia 6-12 tahun sudah diterapkan oleh Pemerintah Republik Indonesia, pada Selasa (14/12/2021). Namun untuk Kabupaten Probolinggo masih belum bisa melakukan vaksinasi pada anak, sebab capaian vaksinasi berdasarkan data Komite Penanganan Covid-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional (KPC-PEN) masih 68 persen.

Juru bicara Satuan Tugas Percepatan Penanganan Covid 19 Kabupaten Probolinggo, dr. Dewi Vironica mengatakan bahwa sejatinya vaksinasi untuk usia 6-12 bisa dilakukan setelah capaian vaksinasi dosis pertama sudah mencapai 70 persen secara umum, dan 60 persen untuk lansia.

Baca Juga : Kasus Positif Covid-19 di Kabupaten Probolinggo Kembali Aktif

Sedangkan Kabupaten Probolinggo sendiri menurut data dari Dinas Kesehatan setempat atau data manual, secara umum vaksinasi dosis pertama sudah mencapai 73,8 persen. Tetapi capaian tersebut berbeda dengan data pada dashboard KPC-PEN, yakni masih 68,54 persen secara umum dan vaksinasi lansia 50  persen. "Kita masih level 2," terangnya pada tadatodays.com, Selasa (14/12).

Baca Juga : Hendak Mengevakuasi Sarang Tawon, Eh, Petugas Damkar Malah Tersengat

Senada disampaikan oleh Kepala Bidang Pengendalian dan Pemberantasan Penyakit (P2P) Dinas Kesehatan Kabupaten Probolinggo, Mujoko. Saat dikonfirmasi melalui panggilan seluler, ia menyampaikan kalau saat ini pihaknya masih melakukan koordinasi terkait vaksinasi anak dengan pihak-pihak terkait.

Koordinasi itu, kata Mujoko, untuk menentukan kapan vaksinasi anak akan dilaksanakan. Lalu, bagaimana teknis pelaksanaannya, berapa jumlah sasarannya, dan berapa target yang harus dicapai oleh tim vaksinasi setempat. "Dalam minggu ini kita tentukan kapan akan disuntikan," katanya.

Rencana vaksinasi bagi usia 6-12 tahun akan menggunakan vaksin Sinovac. Sementara di Probolinggo, jumlah vaksin Sinovac ada sekitar 27 ribu lebih dosis. (zr/don)