Muhammad Musleh


Wartawan Tadatodays.com | 2020-09-23 22:52:58

Setahun Ditutup, Gunung Semeru bakal Dibuka Awal Oktober

KABAR BAIK : Setelah setahun ditutup, Gunung Semeru bakal dibuka awal oktober 2020.

LUMAJANG, TADATODAYS.COM - Kabar baik untuk para pendaki Gunung Semeru. Setelah ditutup hampir selama satu tahun akibat kebakaran hutan dan lahan (karhutla), serta pandemi Covid-19. Kini pendakian Gunung Semeru akan segera dibuka kembali pada 1 Oktober 2020 nanti.

“Dengan ini diumumkan bahwa pendakian Gunung Semeru pada masa adaptasi kebiasaan baru di Taman Nasional Bromo Tengger Semeru (TNBTS) dibuka kembali pada hari Kamis, 1 Oktober 2020 nanti,” kata Kepala Balai Besar TNBTS John Kenedie, Rabu (23/9/2020)

Baca Juga : Pandemi Covid-19, Haul KH. Abdul Hamid Pasuruan Digelar Terbatas

John Kenedie juga menyampaikan, sesuai dengan Surat Pengumuman Nomor : PG. 09 /T.8/BIDTEK/BIDTEK.1/KSA/9/2020 tentang Reaktivasi Bertahap Pendakian Gunung Semeru di Taman Nasional Bromo Tengger Semeru Menuju Masa Adaptasi Kebiasaan Baru, bahwa nantinya para pendaki diwajibkan untuk mematuhi persyaratan-persyaratan yang sudah ditentukan, dengan menerapkan SOP Pendakian Gunung Semeru pada masa adaptasi kebiasaan baru, seperti mewajibkan para pendaki untuk melakukan pembelian karcis secara online di www.bookingsemeru.bromotenggersemeru.org.

Baca Juga : 7 Provokator Pengusiran Petugas Medis di Gunggungan Lor Pakuniran Akui Kesalahan

Kemudian, yang awalnya jumlah kuota pendakian adalah 600 orang per hari, kini selama pandemi Covid-19 dibatasi maksimal 120 orang per hari (20% DD/DT). Selain itu, waktu pendakian hanya diperkenankan untuk two days trip (2 hari 1 malam).

Dirinya berharap dengan dibukanya kembali Pendakian Semeru, para pendaki dapat tertib menjalankan SOP sesuai yang telah ditentukan, sehingga proses pendakian di Gunung Semeru bisa berjalan dengan baik dan aman. (mm/sp)