Rifky Leo Argadinata


Wartawan Tadatodays.com | 2022-01-11 21:48:09

Setahun, Pemkab Banyuwangi Jatah 300 PIRT bagi UMKM

BANYUWANGI, TADATODAYS.COM - Pemkab Banyuwangi menerbitkan izin Produk Industri Rumah Tangga (PIRT) bagi pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah. Setiap tahunnya, Pemkab Banyuwangi hanya memberi jatah 300 PIRT.

Pada tahun 2021 lalu, misalnya. Total terdapat 375 pelaku UMKM yang mengajukan izin PIRT. Tapi setelah dilakukan verifikasi, hanya 295 yang lolos. Sementara 80 lainnya dinyatakan tidak lolos oleh Penyuluh Keamanan Pangan (PKP).

Kepala Dinas Koperasi, Usaha Mikro, dan Perdagangan (Diskopumdag) Kabupaten Banyuwangi Nanin Oktavianti, melalui staf Bidang Usaha Mikro Tri Vina memaparkan, setiap pemohon PIRT harus lolos verifikasi PKP. “Guna memenuhi standarisasi,” katanya.

Tri Vina mengatakan, terdapat kriteria yang harus dipenuhi oleh setiap pemohon PIRT. Seperti, kondisi fisik tempat usaha dan produk usaha yang harus higienis.

Menurutnya, penting bagi pelaku UMKM untuk mendapat PIRT. Sebab produknya bisa dipasarkan di pasar nasional ataupun luar negeri melalui platform digital. "Manfaat PIRT untuk masuk ke pasar modern dan pasar digital,” ujarnya. (rl/don)