Rifky Leo Argadinata


Wartawan Tadatodays.com | 2022-05-25 22:32:01

Siapkan Bazar UMKM Ramaikan WSL Banyuwangi

SIDE EVENT: Dinas Koperasi Usaha Mikro dan Perdagangan Kabupaten Banyuwangi siap menggelar bazar UMKM untuk menyemarakkan event Word Surfing League (WSL) di G-Land Banyuwangi.

BANYUWANGI, TADATODAYS.COM - Dinas Koperasi Usaha Mikro dan Perdagangan Kabupaten Banyuwangi menyiapkan bazar UMKM. Bazar ini digelar sebagai salah satu side event untuk menyemarakkan event Word Surfing League (WSL) di G-Land, kawasan Taman Nasional Alas Purwo, Banyuwangi.

Stand bazar UMKM itu akan diadakan di kawasan Pancur dan pintu masuk ke G- land yang berada di Kecamatan Tegaldlimo.

Baca Juga : Johanny Defay - Jack Robinson Juarai WSL G-Land Banyuwangi

Event dunia ini akan dimanfaatkan secara maksimal. Bukan hanya pertumbuhan sektor pariwisata akan tetapi juga akan menunjang sektor ekonomi, terutama pertumbuhan UMKM dari masyarakat sekitar.

Baca Juga : Rio Waida Terhenti di 16 Besar WSL G-Land Banyuwangi

Plt Kepala Dinas Koperasi Usaha Mikro dan Perdagangan Kabupaten Banyuwangi Nanin Oktaviantie mengatakan, event WSL di Banyuwangi tentunya dimanfaatkan guna meningkatkan pertumbuhan UMKM di daerah. "Agar UMKM naik kelas, tentunya kita akan siapkan bazar dengan produk unggulan yang akan ada mulai tanggal 28 Mei hingga 6 Juni 2022," ujarnya.

Nanin menambahkan, dengan adanya bazar akan menunjukkan kalau Banyuwangi punya produk unggulan. Dengan begitu, eksistensi produk Banyuwangi menjadi pusat perhatian wisatawan lokal ataupun mancanegara.

"Dalam acara ini nantinya kita siapkan bazar sekitar 20 stand UMKM yang ikut meramaikan.  Selain itu akan di-back up oleh teman - teman Kecamatan Tegaldlimo," ungkap Nanin. 

Sementara, untuk agenda WSL, pemerintah hanya mengizinkan 200 orang penonton yang bisa menyaksikan secara langsung. Penonton lainnya bisa menyaksikan kejuaraan selancar sedunia itu melalui layar lebar yang disediakan Pemkab Banyuwangi di beberapa titik.  

Nanin berharap, bazar UMKM akan diserbu oleh para pengunjung, sehingga bisa memutar roda perekonomian masyarakat Banyuwangi. "Bagi masyarakat, mari ikut menyukseskan perhelatan surfing di G-Land, serta ikut meramaikan stan UMKM yang ada di sana," tandasnya. (rl/why)