Mochammad Angga


Wartawan Tadatodays.com | 2021-05-05 18:19:16

Sidak Toko Jelang Lebaran, Pemkot Antisipasi Lonjakan Kasus Covid-19

ANTISIPASI: Tim sidak Pemkot Probolinggo saat sidak saat melihat kondisi produk di salah satu toko, Rabu (5/5). Selain urusan produk, pemkot juga mewaspadai lonjakan kasus covid klaster pertokoan.

PROBOLINGGO, TADATODAYS.COM - Pemerintah Kota Probolinggo menggelar inspeksi mendadak di 3 toko dalam rangka memantau kondisi sejumlah produk, menjelang Hari Raya Idul Fitri 1442 H. Dari sidak itu, petugas tak menemukan produk kadaluarsa.

Meski tak menemukan produk kadaluarsa, namun pemkot memperingatkan pemilik toko bilamana ada produk besar yang diecer segera koordinasi dengan Dinas Koperasi Usaha Mikro Perindustrian dan Perdagangan (DKUPP) setempat.

Baca Juga : Pemkot Probolinggo Pastikan Stok Bahan Pokok Aman hingga Lebaran

Sidak itu diikuti Kepala Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Kota Probolinggo, Gogol Sujarwo, dan Plt Kepala Dinas kesehatan, Pengendalian Penduduk dan KB (DKP2KB) dr. Nurul Hasanah Hidayati.

Saat sidak, tim menyisir toserba yang banyak dikunjungi pembeli. Seperti, Graha Mulia (GM), Karunia Damai Sejahtera (KDS) dan Sinar Terang (ST) yang sama-sama beralamat di Jalan dokter Sutomo.

Gogol Soejarwo menerangkan, pihaknya menyakini setiap toko ada pelayanan terbaik bagi konsumennya. Namun, ia mengingatkan pemilik toko agar memperhatikan tiga hal.

Pertama, terkait produk besar dan akan diecer perlu memahami regulasi DKUPP. Kedua, ia berpesan agar pengelola tetap menerapkan protokol kesehatan seiring membeludaknya pengunjung menjelang Hari Raya Idul Fitri. "Di tiga toko ini tidak ada temuan," katanya.

Terakhir, setelah sidak ini, pihaknya akan mengevaluasi agar tidak terjadi lonjakan kasus Covid-19 dengan klaster pusat perbelanjaan. Karena itu, pemkot akan menyiapkan pos pantau agar aktivitas pengunjung dapat dikontrol. (ang/don)