Alvi Warda


Wartawan Tadatodays.com | 2022-08-22 21:14:12

Sirkuit di GOR Mastrip Bakal Dibangun mulai Oktober 2022

GOR: Di area GOR Mastrip ini Pemkot Probolinggo akan membangun sirkuit balap.

PROBOLINGGO, TADATODAYS.COM - Walikota Probolinggo Hadi Zainal Abidin saat menyampaikan sambutan pada event Road Race 2022, Minggu (21/8/2022) menyatakan bakal membangun sirkuit balap di Kota Probolinggo. Sirkuit itu menurutnya sebagai sarana dan prasarana di GOR Mastrip, dan diperkirakan tuntas pada Desember 2022.

Saat dikonfirmasi tentang rencana tersebut, Kepala Dinas Pekerjaan Umum Penataan Ruang (PUPR) Kota Probolinggo Setyorini Sayekti menjelaskan, rencana pembangunan sirkuit balap ini sudah ada sejak 2021. Awalnya, anggaran yang digunakan juga masuk APBD 2021. "Awalnya di APBD 2021, namun belum mencukupi, " terang Setyorini melalui pesan singkat, Senin (21/8/2022).

Menurutnya, melambatnya rencana pembangunan sirkuit ini karena dananya belum mencukupi pada 2021. Pemkot Probolinggo membutuhkan dana sebanyak Rp 500 juta. Karena itu, anggaran sirkuit balap kemudian masuk pada APBD 2022. "Masuk APBD 2022, anggarannya Rp 500 juta," ujar Setyorini.

Progresnya sekarang sudah sampai di tender. Oktober 2022, pembangunan sudah bisa terlaksana.  "Perkiraan mulai pekerjaan pada Oktober awal, lanjut pembangunan, " tutur Setyorini.

Kemudian untuk target selesai pembangunan, pada pertengahan Desember 2022. Jadi, proses pembangunan memerlukan waktu sekitar 3 bulan. " Pertengahan Desember 2022 selesai, " katanya. Rencananya, lokasi sarpras sirkuit berada di bagian selatan GOR Mastrip.

Sementara itu, Ketua Komisi III DPRD Kota  Probolinggo Agus Riyanto mengatakan, DPRD belum melaksanakan rapat dengan Dinas PUPR, terkait rencana pembangunan sarpras sirkuit balap. 

Menurutnya, pembangunan sarpras sirkuit ini bagus, sebagai penyaluran bakat dan mengurangi balap liar. Yang terpenting, lanjut Agus, setelah sarpras ini selesai dibangun, bisa dijaga dan dimanfaatkan sebaik mungkin. " Yang terpenting nanti setelah jadi, dijaga dan dimanfaatkan dengan benar," ucapnya. (alv/why)