Tadatodays


Wartawan Tadatodays.com | 2021-10-22 09:30:48

Smada Diklat Jurnalistik bareng Tadatodays.com; Erni: Setelah Diklat, Bikin Buletin SMAN 2

PEMBUKAAN: Kepala SMAN 2 Kota Probolinggo Erni Prasetyawati membuka Diklat Jurnalistik Dasar hari pertama, Jumat (22/10/21) di salah satu ruang kelas SMAN 2.

PROBOLINGGO, TADATODAYS.COM – Dalam rangka memperingati hari jadinya, Tadatodays.com siap menyelenggarakan Junior Journalist Competition (JCC) 2021. Sebagai rangkaian dari kompetisi jurnalistik untuk tingkat SMP/SMA dan sederajat yang digelar Desember 2021 mendatang, Tadatodays.com menyelenggarakan Diklat Jurnalistik Dasar di sekolah-sekolah.  

Jumat (22/10/21) Diklat Jurnalistik Dasar dilangsungkan di SMA Negeri 2 (Smada) Kota Probolinggo. Diklat dilangsungkan selama dua hari. Di hari pertama, Diklat Jurnalistik Dasar di Smada Kota Probolinggo dibuka oleh Kepala SMA Negeri 2 Kota Probolinggo Erni Prasetyawati sekitar pukul 08.00.

Baca Juga : Meriah dengan Lomba Yel Yel, Tambah Ilmu Jurnalistik-Fotografi

“Saya bersyukur kita hari ini dipertemukan dengan para jurnalis handal yang tergabung dalam Tadatodays.com yang akan mendampingi kalian. Sebenarnya satu hari tidak cukup, dua hari juga tidak cukup, makanya waktunya harus dimanfaatkan dengan baik,” kata Erni kepada 30 pelajar SMAN 2 kelas X dan XI yang mengikuti diklat di salah satu ruang kelas SMAN 2.  

Baca Juga : Meriah dengan Lomba Yel Yel, Tambah Ilmu Jurnalistik dan Fotografi

Dalam kesempatan itu, Erni menyatakan bahwa kebebasan pers merupakan sarana untuk mengekpresikan diri. “Indonesia 10 tahun mendatang adalah menjadi milikmu. Kalian akan menjadi jurnalis-jurnalis handal, tidak hanya di Indonesia, tetapi di dunia,” ujarnya.  

Menurut Erni, mulai hari ini para pelajar SMAN 2 dilatih agar paham jurnalistik yang baik itu seperti apa dan bagaimana, keredaksian itu bagaimana. “Nantinya SMA Negeri 2 menginginkan kader-kader jurnalistik ini bisa membuat bulletin SMAN 2. Ini harus dirintis. Kalian bisa memblended dengan prodistik, dipadukan dengan keahlian fotografi,” terangnya.

Erni mengingatkan, jurnalistik membutuhkan kejelian, keterampilan dalam berkomunikasi secara utuh. “Hari ini kalian akan dilatih untuk itu. Jadi, hari ini kami berterima kasih diberi peluang untuk membimbing dan mendiklat anak-anak yang berminat dan berbakat di jurnalistik agar kelak menjadi seperti yang dicita-citakan,” kata Erni.

Walau masih dalam kondisi pandemi, Erni mengingatkan agar tetap produktif. “Kita tidak boleh kalah dengan pandemi. Tetapi, agar kegiatan ini tetap dalam kondisi safety, prokesnya tetap dijalankan ya selama kegiatan berlangsung,” pesan Erni.

Selanjutnya, Erni mengetuk mikrofon sebagai tanda Diklat Jurnalistik Dasar bersama Tadatodays.com dibuka dan dimulai. Di ujung sambutannya, Erni sempat membakar semangat para muridnya dengan memekikkan yel-yel.  (yua/why)