Tri Amelia Agustin Subandi


Wartawan Tadatodays.com | 2021-03-27 20:55:33

SMKN 3 Kota Probolinggo Bertabur Prestasi; Walau Pandemi, Lahirkan Juara LKS dan PAIS

PRESTASI: Sejumlah pelajar SMKN 3 Kota Probolinggo meraih predikat juara lomba-lomba LKS 2021 Wilker II Jawa Timur, lomba Pentas Agama Islam se-Kota Probolinggo dan Lomba Graphic Design Technology tingkat Kota Probolinggo.

PANDEMI Covid-19 tidak menghalangi SMK Negeri 3 Kota Probolinggo untuk mendulang prestasi. Di awal Maret 2021, sekolah menengah kejuruan yang dipimpin Siti Rohmah Hadi ini berhasil mengantar sejumlah siswa-siswinya meraih predikat juara dari Lomba Kompetensi Siswa (LKS) untuk Wilayah Kerja (Wilker) II Jawa Timur yang meliputi wilayah tapal kuda.

Dalam lomba-lomba LKS Wilker II Jatim, siswi kelas XII Kompetensi Keahlian Perhotelan SMKN 3 Kota Probolinggo Adhea Putri Yustiarni berhasil meraih Juara III Bidang Lomba Hotel Resepsion. Lomba ini digelar di SMKN 1 Banyuwangi. 

Baca Juga : SMKN 3 Kota Probolinggo Bertabur Prestasi; Walau Pandemi, Melahirkan Juara LKS dan PAIS

Adhea berkompetisi dengan pelajar dari Prigen Pasuruan, Bondowoso, Situbondo, dan Banyuwangi. Pada bidang lomba ini peserta dinilai dari kemampuannya dalam handling reservation, check in, check out, dan handling complain.

Baca Juga : Sukses Muhammad Hudan Nurrohman, Siswa MAN 2 Kota Probolinggo Juara Catur Cepat Tingkat Nasional

Adhea yang punya keinginan kelak menjadi seorang tour guide, mengaku sangat senang bisa menjadi salah satu juara. Karena itu, ia menyatakan sangat berterima kasih kepada SMKN 3 Kota Probolinggo dan para gurunya yang telah mengeskplorasi kemampuannya di bidang perhotelan. “Terima kasih guru-guru yang telah membimbing saya dengan sangat sabar,” ucap pemilik mata sendu ini.

Berikutnya, siswi kelas XII Busana (3) SMKN 3 Kota Probolinggo Ummy Farha Maghfiroh berhasil meraih predikat Juara III bidang lomba fashion technology. Dalam bidang lomba ini peserta diharuskan membuat pakaian APD (Alat Pelindung Diri) yang didesain untuk fashion. “Jadi, kainnya bukan kain untuk APD yang sebenarnya,” kata Ummy.

Ummy harus bersaing dengan 15 peserta dari daerah lain. Meski tingkat kompetisinya tinggi, Ummy mengaku bisa melalui dengan baik semuanya. Terbukti, ia berhasil meraih predikat salah satu juara.

Menurut Ummy, ilmu yang didapat di SMKN 3 Kota Probolinggo sangat memudahkannya saat berlomba. “Yang lain belum tentu bisa menjahit jaket, tetapi saya sudah bisa,” katanya.

Prestasi berikutnya diguratkan Finna Mei Sandi, siswi kelas XI Kompetensi Keahlian Tata Kecantikan SMKN 3 Kota Probolinggo. Ia berhasil keluar sebagai Juara II bidang lomba facial, make up, nail art.

Dalam lomba ini, Finna mengaku memiliki kesulitan tertinggi di make up. “Sejak awal masuk sini (SMKN 3) memang saya kurang suka make up. Saya lebih suka ke kulit saja, kayak facial dan body spa,” kata Finna. Walau begitu, pada saat lomba, Finna tetap bisa melewati tingkat kesulitan make up dan berhasil keluar sebagai Juara II.

Untuk Kompetensi Keahlian Tata Boga, SMKN 3 Kota Probolinggo menjadi tuan rumah dalam rangkaian LKS Wilker II Jatim 2021 ini. Dan tidak sia-sia SMKN 3 didapuk menjadi tuan rumah. Sebab, predikat Juara I bidang lomba Restaurant Service ini berhasil direbut siswi kelas XII Kompetensi Keahlian Tata Boga SMKN 3 Kota Probolinggo Inneke Mutiara Dewi.

Inneke menuturkan, dalam lomba ini ada peserta diuji membuat coffee latte, virgin irish coffee, banana flambe, pelayanan, mocktail (meracik minuman campuran buah dan minuman bersoda), table boxing (menata meja tanpa jarum), dan napkin folding (melipat serbet).

“Yang paling sulit itu fruit cutting, karena harus mengupas buah tanpa dipegang langsung oleh tangan. Hanya boleh dengan pisau dan garpu,” kata gadis yang mengidolakan Chef Renata ini.

SMK Negeri 3 Kota Probolinggo memiliki lima kompetensi keahlian (jurusan). Masing-masing adalah Kompetensi Keahlian Tata Boga, Tata Busana, Perhotelan, Tata Kecantikan, dan Desain Komunikasi Visual (DKV).

Dari Kompetensi Keahlian Desain Komunikasi Visual (DKV), ada Muhammad Zain Wildanul Amin yang berhasil meraih predikat Juara I dalam Lomba Graphic Design Technology tingkat Kota Probolinggo.  Dalam lomba ini peserta diminta membuat desain logo, poster, dan brosur. Meski dalam lomba ini sempat trouble pada printer, Wildan berhasil melaluinya dan keluar sebagai jawara.

Prestasi yang berhasil ditorehkan para pelajar SMKN 3 Kota Probolinggo tidak hanya pada Kompetensi Keahlian utama yang dipelajari di sekolah. Masih di Maret 2021, sejumlah pelajar SMKN 3 Kota Probolinggo juga berhasil meraih predikat juara dalam Lomba Pentas Pendidikan Agama Islam (PAI) Se-Kota Probolinggo 2021 gelaran Kementerian Agama Kota Probolinggo.

Dalam lomba tersebut, siswi kelas XI Kompetensi Keahlian Tata Kecantikan SMKN 3 Kota Probolinggo Antarixa Barli Marta berhasil keluar sebagai juara I lomba pidato.  

Prestasi berikutnya ditorehkan tim debat SMKN 3 Kota Probolinggo yang diwakil Chika Nur Laila (kelas XI Kompetensi Keahlian Tata Boga), Cindy Annisa Anggraeni (kelas X Kompetensi Keahlian Tata Boga), dan Angelita Agathis (kelas X Kompetensi Keahlian DKV). Mereka berhasil meraih predikat Juara I lomba debat.

Lalu ada Deftaria Sukma Pitaloka (kelas XII Kompetensi Keahlian DKV) yang berhasil meraih Juara III lomba Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ).  

Para pelajar SMKN 3 Kota Probolinggo yang berhasil menjadi juara dalam lomba Pentas PAI se-Kota Probolinggo 2021 akan dikirim ke lomba serupa di tingkat Jawa Timur. (mel/yc)