Muhammad Musleh


Wartawan Tadatodays.com | 2021-04-10 16:35:59

Soal Larangan Mudik, Kapolda-Bupati Cek Pelabuhan Ketapang

PANTAU: Kapolda Jawa Timur Irjen Nico Afinta meninjau arus lalu lintas di pelabuhan ASDP Ketapang Banyuwang didampingi Bupati Banyuwangi Ipuk Fiestiandani. Pantauan itu untuk memastikan larangan mudik yang ditetapkan pemerintah berjalan optimal.

BANYUWANGI, TADATODAYS.COM - Kapolda Jawa Timur Irjen Nico Afinta melakukan lawatan ke Banyuwangi, Jumat (9/4/2021). Kapolda memantau langsung arus lalu lintas di pelabuhan ASDP Ketapang Banyuwangi, menjelang arus mudik lebaran 2021. Hal itu dilakukan untuk memastikan larangan mudik yang ditetapkan pemerintah berjalan baik.

Kedatangan Kapolda Jatim disambut Kapolresta Banyuwangi Kombes Arman Asmara Syarifudin dan Bupati Banyuwangi Ipuk Fiestiandani. Mereka langsung mengunjungi posko terpadu dan pemantauan arus lalu lintas sekitar pelabuhan.

Baca Juga : Hari Pertama Larangan Mudik, Terminal Tawang Alun Jember Sepi

Tak hanya itu, mereka juga memantau kondisi kapal yang bersandar di dermaga ponton. “Kami di sini dalam rangka melakukan pengecekan kesiapan kebijakan pemerintah dalam larangan mudik dan penerapan protokol kesehatan,” kata Irjen Nico Afinta.

Baca Juga : Hari Pertama Penyekatan di Tiga Lokasi, Polres Probolinggo Putar Balik 60 Kendaraan

Selain pengecekan, perwira tinggi bintang dua itu mengatakan, pihaknya juga bakal melakukan pengecekan pos penyekatan arus mudik dan kegiatan vaksinasi. “Kami melakukan penyiapan langkah koordinasi saat pelaksanaan pelarangan mudik,” jelas pria yang akrab disapa Nico tersebut.

Untuk langkah awal, kata Nico, pihaknya akan melakukan sosialisasi kepada masyarakat terkait kebijakan pemerintah untuk pelarangan mudik. Alasan larangan mudik sendiri untuk menekan angka penularan COVID-19.

Sementara itu, Bupati Ipuk menyatakan siap bersinergi dengan kepolisian untuk melaksanakan instruksi Presiden Jokowi terkait pelarangan mudik untuk mencegah penularan covid-19.

 “Kami terus berkoordinasi dengan berbagai pihak. Kami mohon masyarakat memahami anjuran bahwa keputusan pemerintah pusat terkait pelarangan mudik, demi kepentingan dan keselamatan warga juga,” papar Ipuk.

Istri mantan Bupati Banyuwangi Abdullah Azwar Anas itu mengatakan, saat ini banyak negara yang mengalami lonjakan penderita covid-19. Ia berharap di Indonesia tidak terjadi kondisi yang sama. Terlebih dalam memperingati Ramadan dan Idul Fitri. (*)