Mochammad Angga


Wartawan Tadatodays.com | 2021-12-23 23:05:56

Solidaritas Sopir Berhasil Gagalkan Pelaku Begal Truk

DIBEGAL: Truk muatan pasir yang sebelumnya dibegal oleh kawanan pelaku, berhasil diamankan oleh sejumlah sopir truk. Kini, truk tersebut masih diamankan di Mapolres Probolinggo Kota

PROBOLINGGO, TADATODAYS.COM - Dua orang pelaku begal truk berhasil ditangkap petugas Polres Probolinggo Kota di wilayah Kabupaten Pasuruan, Rabu (22/12) malam kemarin. Penangkapan kedua pelaku itu hasil laporan sopir truk tersebut.

Truk yang dibegal itu bermuatan pasir Nopol N 9645 YH. Truk itu milik Jamila, 27, warga Kecamatan Candipuro, Lumajang. Hingga Kamis (23/12) sore, polisi masih melakukan pemeriksaan terhadap kedua pelaku di ruang Satreskrim.

Jamila, yang ditemui tadatodays.com di Mapolres Probolinggo Kota, Kamis sore, mengatakan bahwa truk itu disopiri karyawannya bernama Hendra. Sedangkan kernetnya bernama Paul. Keduanya juga dimintai keterangan oleh polisi, pada Kamis sore.

Saat truk perjalanan dari Lumajang menuju Surabaya, tiba-tiba diadang secara mendadak oleh mobil pribadi di Jalan Raya Tongas, Desa/Kecamatan Tongas, Kabupaten Probolinggo, sekira pukul 21.00 WIB.

Kemudian, lanjut Jamila, sejumlah pelaku turun dan membawa sopir dan kernet truk masuk ke salah satu mobil. Keduanya selanjutnya dibawa ke kawasan Pelabuhan Mayangan Probolinggo, lalu diturunkan di Kawasan tersebut. “Sementara truk dibawa oleh pelaku lainnya,” tuturnya.

Setelah diturunkan di Mayangan, sopir dan kernet truk langsung menghubungi temannya dan menyampaikan bahwa truknya dibegal. “Mereka minta tolong, agar truk yang dibegal untuk segera dikejar dan dicegat,” kata Jamila.

Upaya pengejaran itupun membuahkan hasil. Pelaku berhasil dihentikan di wilayah Kabupaten Pasuruan, lalu diserahkan ke kepolisian. "Yang ngejar pakai motor, dan ada yang pakai truk juga. Sopir lainnya menunggu di Pasuruan," ujarnya.

Jamila menyampaikan, berdasarkan keterangan sopir dan kernet truk, pelaku mengaku sebagai deptcollector. Jamila juga mengakui, bahwa angsuran truk tersebut nunggak empat bulan. Tapi Jamila memastikan, bahwa ia sudah berkoordinasi dengan pihak leasing bahwa truknya aman dan masih beroperasi.

Sementara itu, Kasat Reskrim Polres Probolinggo Kota, AKP Teddy Triandani belum bisa dkonfirmasi terkait kasus tersebut. Hingga pukul 19.00 WIB, sambungan telepon dan pesan singkat tadatodays.com belum direspons oleh Teddy. (ang/don)