Zainul Rifan


Wartawan Tadatodays.com | 2022-01-13 16:30:44

Sopir MPU Terekam Curi Penutup Drainase

VIRAL: Gambar di atas menunjukkan detik-detik pelaku saat turun dari kendaraan MPU yang disopirinya, lalu mennggondol penutup drainase di depan MINU Kraksaan. Kasus pencurian ini telah ditangani Polsek Kraksaan.

PROBOLINGGO, TADATODAYS.COM - Sebuah rekaman kamera CCTV yang memperlihatkan seorang sopir mobil penumpang umum (MPU) sedang mencuri penutup drainase atau manhol, viral di media sosial. Kasus itu terjadi di Jalan Panglima Sudirman, Kota Kraksaan, Kabupaten Probolinggo, Senin (6/1/2022) lalu, sekitar pukul 04.00 WIB.

Tutup drainase yang dicuri sopir itu berada di trotoar depan Madrasah Ibtidaiyah Nahdlatul Ulama (MINU) Kraksaan. 

Baca Juga : Mencuri Motor, Kabur dan Menabrak Gapura, Pemuda asal Mayangan Diamankan

Dalam rekaman berdurasi 46 detik itu, terlihat seorang pria dengan menggunakan kaus oblong dan celana pendek. Pria tersebut turun dari MPU warna putih kombinasi biru dan ungu. Kemudian pria tersebut melihat kondisi sekitar.

Baca Juga : Sopir Mencuri Uang Majikannya untuk Beli Motor dan Senapan Angin

Setelah dirasa aman, pria itu langsung membuka pintu bagian tengah MPU. Kemudian, ia membuka penutup drainase dan mencopotnya. Benda yang cukup berat itupun dimasukan ke dalam MPU yang ia kendarai.

Satpam MINU Kraksaan, Nurul Anwar, saat ditemui tadatodays.com pada Kamis (13/1) menyampaikan, pencurian itu terjadi sekitar pukul 04.00 WIB. Hanya saja baru viral di pada Kamis ini.

Ia mengatakan, kalau hilangnya manhol itu baru diketahui pada pukul 06.00 WIB. Kala itu, tukang kebun sekolah yang hendak bersih-bersih di depan sekolah, tidak melihat penutup drainase itu. "Langsung mengecek CCTV, dan ternyata dicuri," katanya.

Ia menambahkan, trotoar yang terdapat menhol itu merupakan jalur pejalan kaki yang hendak ke masjid, atau jalur yang biasa dilewati anak-anak sekolah.

Agar tidak membahayakan bagi pejalan kaki, ia kemudian menutup lubang tersebut dengan bangku rusak dan rambu-rambu milik sekolah. "Itu kedalamannya satu meter lebih," ujarnya. (zr/don)