Untung Apriliyanto


Wartawan Tadatodays.com | 2020-09-02 17:38:53

Sosialisasikan Tahapan Pencalonan, KPU Banyuwangi Siap Terima Pendaftaran Bapaslon

BATASI: KPU Banyuwangi menyelengarakan sosialisasi dan simulasi mengenai pendaftaran bapaslon. Dalam kesempatan itu, KPU mengimbau bapaslon tidak membawa massa dalam jumlah banyak.

BANYUWANGI, TADATODAYS.COM - KPU Banyuwangi bersiap menerima pendaftaran bakal pasangan calon (bapaslon) peserta Pilkada. Sesuai dengan jadwal, tahapan pendaftaran dilakukan 4-6 September 2020.

Kesiapan itu disampaikan KPU Banyuwangi saat menggelar sosialisasi, Selasa (1/9/2020). Dalam sosialisasi tersebut, KPU Banyuwangi mengundang partai politik (parpol) dan Bawaslu.

Baca Juga : Kurang Peminat, Bawaslu Banyuwangi Perpanjang Pendaftaran Pengawas TPS

Komisioner KPU Banuwangi Divisi Teknis Penyelenggaraan Ari Mustofa menegaskan jika pihaknya sudah siap menerima pendaftaran bapaslon. “Karena itu, kami mengundang parpol untuk menyosialisasikan tahapan, termasuk pendaftaran,” terangnya.

Baca Juga : KPU Banyuwangi Tetapkan DPT, Berkurang 4.930 Pemilih dari DPSHP

Dalam sosialisasi tersebut, KPU juga melakukan simulasi pendaftaran. Hal itu merujuk pada adaptasi kebiasaan baru (AKB) segala aktivitas yang mengumpulkan massa di masa pandemi.

“Kita ketahui bersama bahwa dalam Pemilihan Serentak tahun ini dilaksanakan di tengah pandemi covid-19. Sehingga dalam sosialisasi ini, kami juga sampaikan terkait protokoler kesehatan yang nantinya diterapkan saat pendaftaran,” jelasnya.

Di antaranya, selain bapaslon dan pendamping wajib memakai masker dan mencuci tangan pakai air mengalir yang disediakan di kantor KPU, mereka juga akan dites suhu tubuhnya. Dokumen yang berisi syarat calon maupun pencalonan juga wajib dimasukkan dalam plastik karena harus melalui proses sterilisasi.

 “Selain itu kami mengimbau agar bapaslon tidak membawa massa dalam jumlah banyak. Pada prinsipnya kami tidak melarang. Tapi kami mengimbau sebagai bentuk pencegahan munculnya klaster baru. Jadi harapannya hanya bapaslon, ketua, dan sekretaris parpol pengusung yang boleh masuk ruang pendaftaran,” katanya. (ua/sp)