Muhammad Syaihul Mizan


Wartawan Tadatodays.com | 2021-01-26 16:10:57

Spesialis Pembobol Toko Diringkus Satreskrim Polres Lumajang

TERHENTI: ZF, kini harus mendekam di sel tahanan Mapolres Lumajang, setelah ia membobol toko sebanyak 17 kali. (Foto: Istimewa)

LUMAJANG, TADATODAYS. COM - Seorang pria spesialis pembobol toko asal Desa Sememu, Kecamatan Pasirian, Kabupaten Lumajang, harus terhenti di tangan Satreskrim Polres Lumajang. Ia berhasil dibekuk setelah beraksi sebanyak 17 kali.

Terakhir, pelaku membobol toko swalayan di Desa Kebonsari, Kecamatan Sumberuko, Lumajang, Senin (25/1/2021) kemarin. Dalam aksinya, ia lebih dulu menaiki atap toko sebelum membobolnya.

Baca Juga : Ditinggal Rapat, Motor Karyawan EO Dicuri

Tapi, sekitar pukul 01.00 WIB, pelaku yang berinisial ZF, 22, ditangkap di jalan raya Desa Kebonsari, Kecamatan Sumbersuko, Kabupaten Lumajang, Selasa (26/1/2021).

Baca Juga : Lagi, Motor Karyawan Toko Jadi Sasaran Pencuri

Penangkapan itu dipimpin langsung oleh Kasatreskrim Polres Lumajang, AKP Masykur, bersama Tim Resmob Polres Lumajang. Keberhasilan menangkap ZF itu bermula dari penangkapan tersangka lain berinisial WS, 47, warga Dusun Krajan Barat, Desa Labruk Kidul, Kecamatan Sumbersuko, Lumajang.

Ia merupakan seorang penadah barang curian berupa puluhan rokok berbagai merek, termasuk barang di toko yang dibobol ZF.

Masykur menjelaskan, dalam aksinya, ZF merusak atap yang terbuat dari galvalum, setelah sebelumnya menaiki atap toko. Lalu, pelaku masuk melalui tempat pembuangan udara.

Saat berada di dalam toko, ia menggasak puluhan slop rokok dan uang yang berada di dalam laci kasir. "Selanjutnya, pelaku keluar melalui jalan yang sama," kata Masykur.

Kini, ZF telah diamankan beserta barang bukti. Seperti, sebuah tang dan obeng yang digunakan pelaku untuk melakukan tindak kejahatan dan satu unit sepeda motor bebek sebagai sarana pelaku melakukan kejahatan. "Serta sebuah CDI yang diduga hasil kejahatan," jelas Masykur.

Atas perbuatannya, pelaku dijerat pasal 363 KUHP dengan ancaman hukuman paling lama 7 tahun penjara. (mz/don)