Usman Afandi


Wartawan Tadatodays.com | 2021-02-05 21:17:34

Status Level 2, Bupati Anas Cek Pos Pantau Gunung Raung

BERI KETERANGAN: Bupati Banyuwangi Abdullah Azwar Anas saat memberikan penjelasan mengenai dampak aktivitas di dalam perut gunung Raung.

BANYUWANGI, TADATODAYS.COM - Bupati Banyuwangi Abdullah Azwar Anas mengunjungi Pos Pemantauan Gunung Api (PPGA) Raung, Jumat (5/2/2021). Dalam kunjungannya, Anas -sapaan akrabnya - meminta warga yang dekat kaki gunung Raung tidak khawatir ataupun panik.

Anas mengatakan, kunjungannya ke PPGA Raung yang ada di Desa Sumber Arum, Kecamatan Songgon, tersebut setelah sebelumnya warga mendengar suara gemuruh. “Tapi kalau dia lihat dari peristiwa yang terjadi tahun lalu, insyallah masih aman,” jelas Anas pada wartawan usai melakukan pengamatan.

Baca Juga : Pantai Cemara Banyuwangi Menyuguhkan Keindahan Selat Bali dan Konservasi Mangrove-Penyu

Politisi PDIP tersebut mengatakan, warna cahaya terang yang terlihat saat malam hari bukan material gunung berapi. Melainkan hanya dampak aktivitas di dalam gunung. Lebih dari itu, pemkab menurut Anas sudah menyiapkan langkah antisipasi.

Baca Juga : Pantai Cemara Banyuwangi Suguhkan Keindahan Selat Bali dan Konservasi Mangrove-Penyu

 “Pemkab sudah siaga. Wargatidak perlu khawatir. Apalagi penjelasan pos pantau tadi, sejak tahun 1956 hingga tahun 2015, masih jauh dari bahaya,” katanya.

Sementara itu, salah satu warga sekitar, Kariono pada tadatodays.com mengungkapkan ketakutannya akan kemungkinan Gunung Raung meletus. Meski di sisi lain, warga menurut Kariono sudah siap dengan segala kemungkinan.

“Hanya takut dengan suara, tapi kita sudah ada imbauan dari pemerintah desa. Jadi tidak perlu khawatir,” jelasnya. Ia berharap, pemkab telah menyiapkan langkah antisipasinya. (usm/sp)