Zainul Rifan


Wartawan Tadatodays.com | 2021-05-17 17:19:07

Stok Darah di UDD PMI Probolinggo Minim

DONOR DARAH: Seorang pendonor saat mendonorkan darahnya di UDD PMI Kabupaten Probolinggo, Senin (17/5/2021).

PROBOLINGGO, TADATODAYS.COM - Stok darah di Unit Donor Darah (UDD) Palang Merah Indonesia (PMI) Kabupaten Probolinggo, minim. Bahkan pada Senin (17/5/2021) pagi, stok darah mengalami kekosongan, dan hanya tersisa satu kantong untuk golongan darah A.

Hal tersebut dibenarkan oleh Kepala UDD PMI setempat, dr. Adi Nugroho. Adi mengatakan, saat stok darah kosong pihaknya memberikan informasi melalui SMS kepada pendonor yang sebelumnya rutin mendonorkan darahnya.

Baca Juga : Stok Darah di Banyuwangi Berkurang hingga 50 Persen

Menurutnya, cara itu cukup efektif. Terbukti, sejak Senin siang, pihaknya sudah mendapati adanya beberapa orang pendonor. Termasuk dari anggota kepolisian Polres Probolinggo. Sehingga stok yang semula kosong saat ini  bisa bertambah. "Alhamdulilah, lumayan lah," kata Adi.

Baca Juga : PMI Jember Jamin Ketersediaan Stok Darah Selama Ramadan

Dari pendonor itulah mereka dicek kesehatannya. Kemudian setelah dinyatakan sehat mereka langsung dilakukan pengambilan darah, lalu diuji screning terhadap darahnya. Apakah darah tersebut layak untuk didonorkan atau tidak.

Hingga Senin sore ini, PMI sudah mendapatkan 6 kantong darah. Tiga kantong darah golongan A, dua kantong darah golongan B, dan satu darah golongan O. Namun stok tersebut masih belum aman, karena posisi aman untuk masing-masing golongan darah minimal sebanyak 10 kantong, sedangkan AB itu harus ada minimal 5 kantong. "Saat ini yang kosong golongan AB," ujarnya.

Adi berharap kepada seluruh masyarkat Kabupaten Probolinggo yang usianya di atas 18 tahun dan memenuhi syarat donor darah, agar bersedia mendonorkan darahnya karena pasien yang membutuhkan darah tidak kurang sedikitpun. (zr/don)