Mochammad Angga


Wartawan Tadatodays.com | 2021-07-15 21:55:40

Stok Imunisasi di Kota Probolinggo Sempat Kosong

Ilustrasi

PROBOLINGGO, TADATODAYS.COM - Stok vial imunisasi Pentavalen atau DPT HB-Hib yang diberikan kepada bayi dan balita di bawah usia dua tahun (baduta) di Kota Probolinggo, sempat habis pada nulan Juni 2021 lalu. Tapi pada bulan Juli ini, stok vial tersebut kembali tersedia sebanyak 200 vial setelah didropping oleh pemerintah pusat.

Hal itu diketahui dalam lembaran pemberitahuan di Puskemas Kedopok. Isinya, puskesmas setempat meminta maaf karena stok imunisasi kepada bayi dan baduta habis sejak bulan Juni yang lalu.

Baca Juga : Puskesmas Sumberasih Melakukan Vaksinasi Covid-19 pada Calon Jamaah Haji

Saat dikonfirmasi, Plt Kepala Dinas Kesehatan, Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (DKP2KB) setempat Setiorini Sayekti, membenarkan bahwa stok imunisasi khusus baduta habis pada bulan Juni lalu. “Juli ini sudah didroping oleh Dinas Kesehatan Provinsi Jawa Timur,” katanya.

Baca Juga : Puskesmas Sumberasih Lakukan Vaksinasi Covid-19 pada Calon Jamaah Haji

Ia menyampaikan, penyebab vial imunisasi habis karena ketersediaan di pemerintah pusat kosong. Selain itu, perempuan yang karib disapa Rini menyebutkan, pemberian imunisasi bertujuan agar bayi dan baduta menerima kekebalan tubuh dari serangan lima penyakit.

Lima penyakit itu adalah diptheri, pertusis, tetanus, hepatitis dan hemophilus influenza tipe B. Meski pada bulan Juni stok kosong, Rini menyebut bahwa hal itu tidak berpengaruh. “Jika satu bulan saja,” kata Rini.

Rini menerangkan bahwa pemberian imunisasi merupakan program rutin dinas kesehatan yang disesuaikan dengan kebutuhan tiap puskemas."Pengusulan vaksinisasi disesuaikan dengan kebutuhan," ujarnya.

Ia menyebutkan, untuk tingkat kematian bayi pada Januari-Juli sebanyak 22 orang. Namun, kematian itu tidak disebabkan oleh vaksinisasi. (ang/don)