Febri Wiantono


Wartawan Tadatodays.com | 2021-02-01 17:43:28

Suara Gemuruh dan Kegempaan masih Terjadi di Gunung Raung

ERUPSI: Gunung Raung masih mengalami erupsi, yang ditandai suara gemuruh dan kegempaan dominan 3 mm. (foto: PVMBG PPGA Gunung Raung)

BANYUWANGI, TADATODAYS.COM - Gunung Raung yang berbatasan dengan Kabupaten Banyuwangi, Jember dan Bondowoso masih berstatus waspada atau level II. Meski asap yang keluar dari kawah berwarna kelabu, namun aktivitas kegempaan masih mengalami peningkatan.

Aktivitas kegempaan itu terpantau mulai pukul 06.00-12.00 WIB, pada Senin (01/02/2021). Sementara kolom erupsi tidak dapat teramati karena tertutup kabut.

Baca Juga : Dampak Abu Vulkanik Gunung Raung, BPBD Imbau Warga Tetap di Rumah

Petugas Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) Pos Pemantauan Gunung Api (PPGA) Raung, Burhan Alethea menyampaikan, meski tertutup kabut namun sesekali kepulan asap berwarna kelabu terlihat dari puncak kawah. "Tingginya kurang lebih 500 meter," katanya Burhan.

Baca Juga : Terdampak Abu Vulkanik Gunung Raung, Bandara Banyuwangi Ditutup

Sementara untuk kegempaan, lanjut Burhan, terjadi peningkatan aktivitas. Hal itu, ditandai adanya gemuruh dan gempa tremor secara menerus.

Untuk gemuruh intensitasnya sering tetapi masih lemah. Sementara gempa tremor menerus terekam dengan amplitudo 1-16 mm dominan 3 mm.

Untuk itu, Burhan tetap mengimbau masyarakat dan pengunjung agar tidak beraktivitas dalam radius 2 KM dari kawah Gunung Raung. (peb/don)