Tadatodays


Wartawan Tadatodays.com | 2021-10-25 14:05:36

Sukses Diklat Jurnalistik Dasar di Smada Probolinggo

BELAJAR JURNALISTIK: Para pelajar SMAN 2 Kota Probolinggo mengikuti diklat jurnalistik dasar bersama Tadatodays.com yang dilangsungkan selama dua hari, yaitu Jumat-Sabtu (22-23/10/21).

PROBOLINGGO, TADATODAYS.COM - Diklat Jurnalistik Dasar dalam persiapan Tadatodays.com Junior Journalist Competition (JJC) 2021 sudah sukses digelar selama 2 hari di SMA Negeri 2 Kota Probolinggo. Dalam diklat ini lahir calon-calon jurnalis smart dari sekolah berjuluk Smada itu.

Baca Juga : Meriah dengan Lomba Yel Yel, Tambah Ilmu Jurnalistik-Fotografi

Diklat jurnalistik di SMAN 2 digelar selama dua hari, yaitu Jumat 22 Oktober dan Sabtu 23 Oktober mulai pagi sampai sore hari. Di hari pertama, Jumat, diklat dibuka langsung oleh Kepala SMAN 2 Kota Probolinggo Erni Prasetyawati.

Baca Juga : Meriah dengan Lomba Yel Yel, Tambah Ilmu Jurnalistik dan Fotografi

“Saya bersyukur kita hari ini dipertemukan dengan para jurnalis handal yang tergabung dalam Tadatodays.com yang akan mendampingi kalian. Sebenarnya satu hari tidak cukup, dua hari juga tidak cukup, makanya waktunya harus dimanfaatkan dengan baik,” kata Erni kepada 30 pelajar SMAN 2 kelas X dan XI yang mengikuti diklat di salah satu ruang kelas SMAN 2.

PEMBUKAAN: Kepala SMAN 2 Kota Probolinggo Erni Prasetyawati (kanan) yang membuka diklat jurnalistik dasar di Smada pada Jumat (22/10/21).

Pasca diklat ini, menurut Erni, selain akan mengikuti kompetisi jurnalistiknya Tadatodays.com (JCC), SMAN 2 juga bertekad membuat bulletin sekolah.  “Nantinya SMA Negeri 2 menginginkan kader-kader jurnalistik ini bisa membuat bulletin SMAN 2. Ini harus dirintis. Kalian bisa memblended dengan prodistik, dipadukan dengan keahlian fotografi,” tutur Erni kepada para muridnya yang mengikuti diklat jurnalistik tersebut.

Setelah resmi dibuka, diklat jurnalistik berlanjut dengan penyampaian materi. Pertama, para peserta mendapat materi penulisan straight news atau berita cepat saji oleh Pemimpin Redaksi Tadatodays.com Rhoma Dona. Pria asal Kraksaan ini mengajarkan bagaimana wartawan memperoleh berita dan kemudian menuliskannya menjadi berita.

Materi kedua, peserta diklat belajar tentang fotografi dan videografi dalam jurnalistik. Materi ini dipaparkan oleh Editor Tadatodays.com Sigid Tri Anggoro. Tidak hanya belajar teori, para peserta juga diajak praktik langsung merekam gambar.

Setelah belajar foto dan video, peserta kembali belajar teori jurnalistik, yaitu teknik pemilihan angle dan menghasilkan berita yang bagus. Materi ini diberikan oleh pemateri tamu, yaitu mantan jurnalis yang sekarang menjadai anggota KPU Kota Probolinggo Radfan Faisal.

MATERI: Para pemateri diklat jurnalistik dasar di SMAN 2 Kota Probolinggo.

Memasuki hari kedua, Diklat Jurnalistik Dasar di SMAN 2 Kota Probolinggo bersama Tadatodays.com berlangsung lebih seru. Sabtu pagi itu peserta diklat langsung disuguhi materi keempat, yaitu teknik menulis features oleh Direktur Multimedia Tadatodays.com Imam Wahyudi.

Lalu sebagai materi terakhir, para peserta diajari teknik reportase, presenting berita, hingga dubbing atau mengisi suara untuk berita televisi. Materi ini disampaikan oleh Amelia Subandi, presenter tadatoday tv.

Setelah semua materi disampaikan, tiba waktunya berpraktik. Para peserta ditugas membuat berita untuk media cetak dan membuat berita untuk televisi. Mereka meliput aktivitas-aktivitas pelajar yang sedang terjadi di SMA Negeri 2 Kota Probolinggo saat itu. Mulai dari persiapan lomba-lomba memperingati Hari Sumpah Pemuda, pengurus baru OSIS Smada, dan Majelis Perwakilan Kelas (MPK).

Begitu waktu praktik dimulai, para peserta langsung bergerak melakukan perencanaan liputan, menyusun list pertanyaan, lalu melakukan liputan. Sebagian terlihat tegang. Ada yang santai tapi tetap fokus menjalankan tugasnya.    

Selesai liputan, para peserta diklat melakukan tugas jurnalistik berikutnya, menulis beritanya, membuat skrip berita televisi, dubbing, hingga syuting presenter dan mengedit berita videonya. Suasana semakin tegang. Tetapi kesulitan demi kesulitan berhasil dilewati.

Sekitar pukul 15.30, tugas-tugas praktik tuntas dikerjakan. Saat itu juga semua produk dievaluasi oleh tim Tadatodays.com. Produk video berita dievaluasi oleh Imam Wahyudi, Sigid, dan Amelia Subandi.

BERSAMA: Sesi foto bersama peserta dan para pemateri diklat jurnalistik dasar SMAN 2 Kota Probolinggo.

Sedangkan produk berita tulis dievaluasi oleh Imam Wahyudi. “Saya senang melihat hasil diklat di Smada ini,” kata Imam Wahyudi saat evaluasi praktik menulis berita untuk media cetak. “Untuk ukuran anak-anak yang belum pernah mendapat diklat jurnalistik sama sekali, ternyata banyak lahir tulisan-tulisan yang masuk kategori baik,” katanya kemudian disambut tepuk tangan girang para peserta diklat.

Diklat Jurnalistik Dasar dalam persiapan Tadatodays.com Junior Journalist Competition (JJC) 2021 masih akan berlanjut. Tadatodays.com JJC 2021 akan dilangsungkan pada Desember 2021 untuk tingkat SMP dan SMA / sederajat se-Probolinggo.

Bagi sekolah-sekolah yang ingin mengikuti Tadatodays.com JJC 2021, tetapi belum memiliki tim jurnalistik di sekolah, bisa bekerjasama dengan Tadatodays.com untuk menggelar diklat jurnalistik. Untuk mengikuti paket diklat jurnalistik bersama Tadatodays.com, cukup kontak WA nomor 0822 3443 1890. (tata/yua/sal/ian/why)