Muhammad Musleh


Wartawan Tadatodays.com | 2021-03-10 09:21:24

Sukses Muhammad Hudan Nurrohman, Siswa MAN 2 Kota Probolinggo Juara Catur Cepat Nasional

SERIUS: Muhammad Hudan Nurrohman saat mengikuti lomba catur sebelum pandemi. Ia mendapat dukungan dari madrasah untuk mengikuti even demi meningkatkan prestasinya di bidang olahraga.

PROBOLINGGO, TADATODAYS.COM - Muhammad Hudan Nurrohman, siswa MAN 2 Kota Probolinggo tampak menggenggam piagam penghargaan tingkat nasional yang baru-baru ini diraihnya. Senyumnya mengembang. Maklum, menjuarai catur cepat nasional memang menjadi targetnya di ajang tersebut.

Suasana MAN 2 Kota Probolinggo saat Tadatodays.com berkunjung memang masih lengang. Pandemi covid-19 yang meniadakan proses belajar mengajar dengan tatap muka, membuat madrasah dengan bangunan megah itu tak seperti biasanya.

Baca Juga : SMKN 3 Kota Probolinggo Bertabur Prestasi; Walau Pandemi, Melahirkan Juara LKS dan PAIS

Meski begitu, Kepala MAN 2 Kota Probolinggo Mohammad Alfan Makmur terus memotivasi siswa-siswinya untuk tetap berprestasi meski dalam situasi pandemi. Terbukti, salah seorang siswanya sukses menjadi juara 1 ajang Lomba Catur Cepat Nasional yang digelar Universitas Dian Nuswantoro Semarang pada 18 Januari-18 Februari 2021.

Baca Juga : SMKN 3 Kota Probolinggo Bertabur Prestasi; Walau Pandemi, Lahirkan Juara LKS dan PAIS

MEMBANGGAKAN: Kepala MAN 2 Kota Probolinggo Alfan Makmur foto bersama Muhammad Hudan Nurrohman, juara catur cepat nasional di gedung baru.

Tadatodays.com berkesempatan bertemu dengan Muhammad Hudan Nurrohman dan Kepala MAN 2 Kota Probolinggo Alfan Makmur, beberapa waktu lalu. Siswa kelas II IPA itu menuturkan, catur memang menjadi salah satu hobinya sejak duduk di bangku kelas III SD. Tak jarang, ia menghabiskan waktu bermain catur.

Kemampuan caturnya didapat berkat sentuhan Muhammad Agus Kurniawan, atlet catur nasional asal Kabupaten Lumajang. Sebelum pandemi, Hudan sering berlatih dengan menemui Agus ke Lumajang. Terlebih bila tengah mengikuti kejuaraan, ia sering menginap di rumah Agus.

Selain menempa diri dengan dilatih Agus, kemampuan bermain catur Hudan juga dapatkan salah satunya dari internet. “Ada aplikasi khusus catur namanya Lichess. Saya juga banyak belajar di sana,” terangnya. Selain itu, sering bermain dengan teman, termasuk Nurul Hani Hanifah, sang kakak, membuat kemampuannya semakin baik.

Karena itu, begitu ada informasi kejuaran catur, Hudan -sapaan akrabnya – bersemangat turut serta. Karena pandemi, lomba tersebut diselenggarakan via daring menggunakan aplikasi.

Hudan sedari awal optimistis bisa menjadi juara, lantaran ia memang terbiasan bermain catur via aplikasi. “Saat lomba pakai 2 HP. Satu HP untuk bermain catur, satunya lagi digunakan untuk zoom agar kelihatan oleh juri,” ujarnya.

Dalam lomba tersebut, Hudan mengaku mampu mengatasia lawannya dengan mudah. Kecuali peserta SMA asal Jawa Tengah. Beruntung, waktunya lebih cepat sehingga ia memastikan sebagai pemenang. “Memang paling susah menghadapi lawan asal Jawa Tengah, namun karena dia boros waktu, akhirnya kalah,” katanya.

Lomba dengan tema Thogether We Achieve The Extraordinar tersebut diikuti 80 SMA/SMK/MA se-Indonesia. Waktunya juga cukup panjang mulai 18 Januari hingga 18 Februari 2021. Ia bersyukur, targetnya menjadi juara terwujud.

PRESTASI NASIONAL: Piagam juara yang diperoleh Muhammad Hudan Nurrohman, siswa MAN 2 Kota Probolinggo dalam lomba Catur Cepat Nasional.

Hudan menyebut, dukungan orangtua dan pihak sekolah semakin memotivasinya. “Ayah berpesan untuk fokus dan meraih prestasi,” katanya. “Termasuk sekolah, juga sangat mendukung. Alhamdulillah bisa mengharumkan nama sekolah lewat catur,” imbuhnya bangga.

Sementara itu, Kepala MAN 2 Kota Probolinggo Mohammad Alfan Makmur mengatakan, Hudan memang tergolong siswa berprestasi di bidang catur. Karena itu, pihak madrasah memberi dukungan agar dia mengikuti even-even catur.

“Hudan masuk MAN 2 Kota Probolinggo karena alasan bahwa kami bisa mendukung prestasi siswa. Karena kami juga punya kelas atlet di semua jurusan. Setiap jurusan ada 4-5 kelas. Salah satunya untuk menampung siswa yang punya prestasi di bidang olahraga,” jelasnya.

“Kami berkomitmen mendukung siswa sesuai dengan bidang yang diminatinya. Baik itu olahraga, seni, sains dan sebagainya. Harapannya, siswa terwadahi minatnya sekaligus meningkatkan prestasinya,” tegas pria yang akrab disapa Alfan tersebut. (mm/sp)