Andi Saputra


Wartawan Tadatodays.com | 2020-08-13 19:16:27

Swab Keluar setelah Pemakaman, Gugus Tugas Covid-19 Jember Pastikan Rosidi Positif

PENJELASAN: Juru Bicara Tim Gugus Tugas Covid-19 Gatot Triyono memberikan keterangan terkait hasil swab Rosidi yang dinyatakan positif.

JEMBER, TADATODAYS.COM - Tim Gugus Tugas Covid-19 Kabupaten Jember memastikan Rosidi positif korona. Sebelumnya, pihak keluarga meragukan surat keterangan Rumah Sakit Bina Sehat yang menyatakan almarhum positif korona.

Namun, pihak gugus tugas masih sebatas rencana untuk memberi penjelasan pada keluarga korban asal Jl. Gajah Mada, Kelurahan/Kecamatan Kaliwates, Kabupaten Jember itu.

Baca Juga : KPU Anggarkan Rp 4 Miliar untuk Rapid Test 33 Ribu Anggota KPPS dan Linmas

Kepastian itu disampaikan juru bicara tim Gugus Tugas Covid-19 Gatot Triyono. Ia menerangkan, berdasarkan hasil swab, Rosidi yang dirawat di RS Bina Sehat memang menunjukan gejala positif covid-19. Namun selama perawatan hingga Rosidi dimakamkan, hasil swab belum keluar.

Baca Juga : Pandemi Covid-19, Haul KH. Abdul Hamid Pasuruan Digelar Terbatas

Baru setelah beberapa hari setelah dimakamkan, hasil swab keluar. Hal itu memicu protes pihak keluarga almarhum. Pihak keluarga yang menduga adanya manipulasi, mengadukan kejadian ini ke DPRD Jember dan melaporkannya ke Polres Jember.

“Pasien atas nama bapak Rosidi sebelumnya dirawat di Rumah Sakit Bina Sehat. Saat itu memang sudah diambil sampel untuk tes swab, tapi saat perawatan hasilnya belum turun," jelasnya.

Untuk menghindari penularan, diputuskan memakamkan Rosidi dengan protokol kesehatan. Itu dilakukan setelah gugus tugas berkordinasi dengan puskesmas, Babinsa, Bhabinkamtibmas, maupun lurah.

Terkait keaslian surat keterangan laboratorium rumah sakit yang menyatakan Rosidi positif covid-19, pihaknya akan menjelaskan secara detail. “Secara teknis nanti akan kita perdalam di tim kesehatan dan kita tindaklanjuti,” katanya.

Menanggapi tuduhan pihak keluarga yang menyatakan tidak adanya tracking maupun imbauan isolasi mandiri ke pihak keluarga, Gatot berkeyakinan tim medis dari pihak rumah sakit atau tim gugus tugas covid-19 telah melaksanakan. (as/sp)