Usman Afandi


Wartawan Tadatodays.com | 2020-12-23 17:04:06

Tahun Baru 2021, Wisata Alas Purwo Banyuwangi Ditutup Empat Hari

DITUTUP: Taman Nasional Alas Purwo di Banyuwangi ditutup selama empat hari, guna menekan penyebaran Virus Corona.

BANYUWANGI,TADATODAYS.COM - Destinasi wisata Taman Nasional (TN)  Alas Purwo, yang berlokasi di kecamatan Tegaldlimo, Kabupaten Banyuwangi ditutup saat libur panjang tahun baru 2021.

Penutupan tersebut, berdasarkan surat edaran (SE) yang dikeluarkan oleh Direktorat Jenderal Konservasi Sumber Daya Alam Balai Taman Nasional Alas Purwo pada Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan RI. SE tersebut bernomor 08/T. 38/TU-5/KSA. 3.1/12/2020 tertanggal 22/12/2020, tentang Penutupan Kunjungan Wisata ke Kawasan Taman Nasional Alas Purwo.

Baca Juga : Terminal Brawijaya Bakal Dirombak, Dianggarkan Rp 40 Miliar

 “ Sebagai upaya menekan laju penularan (Covid-19) kepada pengunjung, petugas, pelaku wisata, serta masyarakat sekitar, maka Taman Nasional Alas Purwo dinyatakan ditutup,” kata Kepala Balai Taman Nasional Alas Purwo, Nuryadi, Selasa (22/12/2020) kemarin.

Baca Juga : Satgas Covid-19 Perketat Pintu Masuk Banyuwangi

Dalam isi SE tersebut, TN Alas Purwo ditutup mulai Rabu, 30/12/2020 sampai dengan hari Sabtu, 2/1/2020 atau selama empat hari.

Nuryadi juga mengimbau kepada masyarakat yang mau berwisata ke Alas Purwo untuk mematuhi aturan yang dikeluarkan tersebut, mengingat wilayah Banyuwangi masih zona merah atau risiko tinggi penularan Covid-19.

 “Demikian pengumuman ini kami sampaikan, agar dapat menjadi perhatian kepada masyarakat, pengunjung, pelaku wisata, dan pihak-pihak terkait,” tutupnya.

Diketahui, selain Kawah Ijen dan Pulau Merah, TN Alas Purwo merupakan kawasan yang menjadi andalan Pemerintah Kabupaten Banyuwangi saat momen liburan. Alas Purwo terkenal dengan keindahan alam yang asri, serta tempat favorit bagi peselancar di pantai G-land. (usm/don)