Zainul Rifan


Wartawan Tadatodays.com | 2020-09-14 21:44:56

Tak Bermasker, Pemuda di Probolinggo ini Dihukum Cabuti Rumput

CABUT RUMPUT: Sejumlah pemuda diminta mencabut rumput di lapangan Pakuniran karena tak memakai masker.

PROBOLINGGO, TADATODAYS.COM - Di tengah terik matahari, sejumlah pemuda mencabut rumput-rumput kering di lapangan Pakuniran, pada Senin (14/9/2020). Mereka tengah menjalani hukuman membersihkan lingkungan akibat tak mengenakan masker saat keluar rumah.

Hukuman ini diberikan Satuan Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kabupaten Probolinggo yang dua minggu terakhir gencar melakukan razia masker. Jika sebelumnya yang disasar adalah pengunjung dan pedagang pasar, kini beralih di titik keramaian. Seperti di pertigaan Kecamatan Pakuniran.

Baca Juga : Selama Cuti Bersama, ASN Diminta Patuhi Protokol Kesehatan

Ugas Irwanto, Koordinator Pengamanan dan Hukum Satgas Covid-19 mengaku, kini sudah 92 persen warga yang bertransaksi di pasar sudah mengenakan masker.

Baca Juga : Bawaslu Banyuwangi, Kembali Lakukan Rapid Test Massal

"Seminggu kemarin kita fokus kedalam pasar. Dan alhamdulilah walaupun tidak sampai 100 persen, pelaku pasar sudah tertib," terangnya.

"Seminggu kedepan kita akan mencoba melakukan penerapan protokol kesehatan di luar pasar. Kebetulan di Pakuniran ini dilaksanakan di pertigaan, sambil sosialisasi sambil operasi," terang Ugas.

Adapun sanksi yang di terapkan tidak jauh beda dengan apa yang diterapkan sebelumnya di area pasar. Yakni memasukkan pelanggar ke dalam ambulans beberapa menit guna menemani keranda mayat. Selain itu ditambah dengan membersihkan lingkungan. Dalam hal ini membersihkan rumput ataupun ilalang yang sudah memanjang di area Lapangan Pakuniran. "Kebetulan di lingkungan ini banyak rumput-rumput,"  jelasnya.

Setelah operasi di tempat terbuka, sasaran selanjutnya adalah pusat keramaian, seperti lokasi wisata, toko modern dan fasilitas umum lainnya. Dan jika masih ditemukan banyak pelanggar maka sanksi terberat seperti denda juga akan di berlakukan.

"Ini bertahap mas, apalagi hari ini dari gubernur ada penerapan sanksi denda. Tetapi kita persiapkan dulu materi-nya," tegasnya. (zr/hvn)