Dian Cahyani


Wartawan Tadatodays.com | 2020-07-29 11:27:41

Tak Bisa Usung Calon Sendiri, PKB Banyuwangi Tak Jadi Dorong Joni Subagio

SEPAKAT: Lima kyai Dewan Syuro DPC PKB Banyuwangi saat memberikan keterangan setelah rapat pleno.

BANYUWANGI, TADATYODAYS.COM - Ketua DPC PKB Banyuwangi Muhammad Joni Subagio batal mencalonkan diri sebagai Cawabup Banyuwangi, berpasangan dengan Cabup Gus Munib Syafaat. Pasalnya, PKB belum mendapat mitra koalisi yang menghendaki duet tersebut.

PKB sendiri tak bisa mengusung calon tanpa berkoalisi. Pasalnya, partai berlogo bola dunia dengan 9 bintang itu hanya memiliki 9 kursi. Sementara, kursi minimal untuk bisa mengusung calon adalah 10 kursi. Karena itu, PKB kini mencari cawabup yang dikehendaki parpol koalisi untuk diduetkan dengan Gus Munib.

Baca Juga : Kurang Peminat, Bawaslu Banyuwangi Perpanjang Pendaftaran Pengawas TPS

Joni sendiri sejatinya sudah mendeklarasikan untuk ikut dalam kontestasi. Baliho bergambar dirinya juga banyak terpasang di sejumlah sudut kota. Keputusan batal mencalonkan Joni dibahas dalam rapat pleno, Selasa (28/7/2020) yang berakhir sekira pukul 11.38 WIB.

Baca Juga : Puluhan Relawan Demokrasi Siap Sosialisasikan Pilkada Serentak

Begitu selesai, peserta rapat pleno berhamburan keluar dari ruangan. Joni tampak keluar dari ruang pleno dengan gusar. Ia didampingi lima kyai yang merupakan dewan syuro PKB Banyuwangi. Para kyai terlihat membesarkan hati Joni.

Seolah tahu jika akan diwawancara, Joni menghindar dari media. Ia lantas meminta awak media mewawancarai kyai saja. “Kurang satu kursi. Mau gak mau kita harus mencari partai koalisi. Abah Joni sudah rela, ikhlas, legawa,” ungkap KH. Abdul Ghofar Lazim, Ketua Dewan Syuro DPC PKB Banyuwangi, Selasa (28/7/2020).

Lobi dan komunikasi pada sejumlah partai sudah dilakukan. KH. Abdul Ghofar Lazim menyebut, pengganti posisi abah Joni bakal dari Gerindra. Kini, Gerindra tengah mempersiapkan kader terbaiknya untuk menjadi pasangan Gus Munib Syafaat.

“Maksimal tanggal 1 atau 2 Agustus Gerindra akan menemukan wakilnya. Sebenernya sudah ada. Tapi, tinggal digodok dulu sama Gerindra,” terangnya. PKB pun tak memasang kriteria khusus untuk bakal calon wakil yang bakal berpasangan dengan Munib Syafaat.

“Kriteria wakil yang disyaratkan tidak ada yang jelas. Kalau bisa dari nasionalis. Jadi, insyallah kalau Gus Munib yang agamis dan nasionalis itu bareng maka akan menjadi ideal,” tambahnya.

Beberapa partai lain yang digadang- gadang akan merapat ke PKB di antaranya Hanura, Demokrat, dan PKS. Munib Syafaat menegaskan bahwa pihaknya telah melakukan komunikasi intens kepada 4 partai tersebut. “Kita sudah komunikasi. Apapun hasilnya kita terima,” ujar Munib Syafaat pada tadatodays.com. (dee/sp)