Febri Wiantono


Wartawan Tadatodays.com | 2021-01-07 22:42:50

Tak Direspons Soal Audiensi, Aliansi BEM Banyuwangi Demo Kantor Bupati

TAGIH TRANSPARANSI: Aliansi BEM Banyuwangi mendatangi kantor bupati Banyuwangi untuk mempertanyakan audiensi yang mereka ajukan. Audiensi tersebut dimaksudkan untuk mengetahui sejauh mana penanganan covid dari sisi teknis maupun anggaran.

BANYUWANGI, TADATODAYS.COM - Perwakilan Aliansi BEM Banyuwangi ngelurug kantor Bupati Banyuwangi, Kamis (7/1/2021). Kedatangan mereka terkait tak diresponsnya audiensi yang diajukan mahasiswa. Padahal, audiensi tersebut penting bagi mahasiswa untuk mengetahui sejauh pemkab serius mengolah data dan anggaran terkait Covid-19.

Diketahui, audiensi tersebut sudah diajukan sejak 5 Januari 2021. Sementara, saat ini masyarakat belum mengetahui berapa nominal anggaran maupun bantuan sosial yang dikeluarkan untuk warga terdampak pandemi Covid-19.

Baca Juga : 17 Warga Desa Kalibuntu Diswab Masal, 1 Tak Hadir

Mereka juga menanyakan terkait akuntabilitas data Covid-19 dari Satgas di Banyuwangi apakah bisa dipertanggungjawabkan atau tidak.

Baca Juga : Satgas Pastikan akan Swab Masal Warga Kalibuntu

"Karena kami melihat perkembangan kasus Covid-19 di Banyuwangi terkesan sangat drastis peningkatannya kemarin," kata Rino Bahtiar, Presiden Mahasiswa BEM Politeknik Negeri Banyuwangi saat memberi keterangan kepada sejumlah awak media.

Pihaknya juga mempertanyakan, bagaimana strategi arah kebijakan ke depan dari pemerintah setempat untuk menekan kasus covid-19 di Banyuwangi. "Kami juga mendesak pemkab memfasilitasi tes swab PCR gratis untuk seluruh masyarakat Banyuwangi," tegasnya.

Namun sayang, hingga saat ini tidak ada respons dari pemkab terkait permintaan tersebut. "Tidak membuka ruang diskusi dengan kami. Artinya, Pemkab masih tidak terbuka dengan masyarakat Banyuwangi mengenai permasalahan Covid-19 dan tidak menjalankan amanat UU nomor 14 tahun 2008, tentang keterbukaan informasi publik," tegas Rino.

Pihaknya pun mengambil sikap dan mengancam jika 10 hari desakan mereka tidak terpenuhi, akan melakukan aksi besar-besaran di Pemda Banyuwangi.

"Sikap yang kami ambil sore hari ini, apabila tuntutan kami tidak ada kelanjutan dari Bupati Banyuwangi selama 10 hari ke depan, kami akan bergerak bersama kawan-kawan BEM se Banyuwangi," pungkasnya. (peb/sp)