Rifky Leo Argadinata


Wartawan Tadatodays.com | 2022-05-25 14:50:35

Takuti Monyet Liar, TN Alas Purwo Pasang Gambar Macan Tutul

TAKUTI MONYET LIAR: Salah satu gambar macan yang dipasang di salah satu tower di jalur menuju Pantai Plengkung (G-Land) di kawasan Taman Nasional (TN) Alas Purwo.

BANYUWANGI, TADATODAYS.COM - Penyelenggaraan event World Surf League (WSL) di Pantai Plengkung (G-Land) di area Taman Nasional Alas Purwo, Banyuwangi, semakin dekat. Berbagai persiapan dilakukan. Salah satunya adalah mencegah turunnya monyet liar di jalur menuju Pantai Plengkung dengan memasang gambar macan tutul. 

Pemasangan gambar-gambar macan di terlihat dilakukan tim dari TN Alas Purwo, Rabu (25/5/2022). TN Alas Purwo memang banyak dihuni beragam fauna, termasuk monyet liar. Nah, ada kekhawatiran monyet liar akan muncul dan mengganggu pengunjung pada saat WSL digelar nantinya. 

Baca Juga : Johanny Defay - Jack Robinson Juarai WSL G-Land Banyuwangi

Karenanya, panitia sengaja memasang gambar macan sebagai predator yang paling ditakuti monyet. Gambar macan dipasang salah satunya di tower telekomunikasi. Selain itu, ditempelkan pula di beberapa mobil yang digunakan melintasi TN Alas Purwo.

Baca Juga : Rio Waida Terhenti di 16 Besar WSL G-Land Banyuwangi

Kordinator Perlindungan dan Pemantapan Wilayah TN Alas Purwo Kabupaten Banyuwangi Adi Sucipto mengatakan, langkah ini merupakan ide yang paling relevan guna mencegah gangguan dari monyet liar.  Menurutnya, monyet merupakan satwa yang mudah penasaran dengan benda mencolok, sehingga mereka akan menghampiri serta nantinya akan merusak benda tersebut. "Meski tidak sering, tapi monyet tersebut pernah merusak infrastruktur dan mobil pengunjung," ujarnya.

Adi menambahkan, monyet yang berada di TN Alas Purwo sangat dekat dengan manusia. Sebab,   mereka terbiasa bertemu serta turun dan mendekati pengujung. "Karena awalnya dikasih makan oleh pengujung, sehingga mereka mendekat dan berebut makanan itu. Hal ini seharusnya tidak boleh dilakukan. Akan tetapi, hal tersebut sudah menjadi kebiasaan, sehingga kalau tidak dikasih, monyet akan merampas bawaan pengujung," jelasnya.

Adi berharap, pemasangan gambar macan membawa dampak efektir. Sebab, belajar dari rantai makanan di alam, monyet dan lutung menjadi makanan macan tutul. "Jadi, secara nggak langsung,  monyet akan takut mendekat kalau ada gambar yang mirip predatornya, yaitu macan tutul," tandasnya. (rl/why)