Mochammad Angga


Wartawan Tadatodays.com | 2022-01-03 17:59:52

Tambal Sulam Galian Jargas Bolak-balik Ambles

TAMBAL SULAM: Bekas galian jargas di Jalan Ahmad Yani Kota Probolinggo, bolak-balik ambles. Hal itu terjadi karena bekas galian itu hanya ditambal menggunakan semen. Terleabih, di jalur tersebut kerap dilewati truk.

PROBOLINGGO, TADATODAYS.COM - Pemeliharaan galian jaringan gas (jargas) di Jl. Ahmad Yani, Kelurahan Mangunharjo, Kecamatan Mayangan, Kota Probolinggo, dikeluhkan warga setempat. Pasalnya, bekas galian jargas sedikitnya di 11 titik hanya menggunakan semen dan bolak-balik ambles.

Salah satu warga Kelurahan Mangunharjo, Kecamatan Mayangan, Mulyadi mengatakan bahwa petugas sudah menambal galian jargas menggunakan semen. Namun karena dilewati truk, membuat bekas galian tersebut kembali ambles "Begitupun dengan galian jargas di Jalan Ahmad Yani ini. Tepatnya di sisi timur rumah," ucapnya.

Ditanyakan, siapa yang memelihara jargas dengan tambal sulam semen, Mulyadi mengaku tidak tahu. Tapi pada minggu keempat Desember lalu, ia melihat ada mobil pikap yang membawa semen dan menambal galian tersebut. "Tapi yang nambal bukan dari warga setempat," katanya.

Meski telah ditambal, namun Mulyadi mengaku khawatir akan ambles lagi. Sebab, tambal sulam ini telah tiga kali ambles. "Ya itu karena dilewati dan diparkir truk besar. Juga karena hujan dengan intensitas tinggi," tuturnya.

Agar tak bolak balik rusak, Mulyadi punya saran agar bagian dasar galian tersebut ditimbun tanah atau batu. “Akibat bagian bawah masih ada permukaan yang kosong,” kata Mulyadi.

Sementara itu, pihak rekanan pemeliharaan jargas dari PT. Pratiwi Putri Sulung, Pandu Andiani mengaku bahwa pihaknya sudah tidak punya kontrak terhadap pemeliharaan galian jargas per 31 Desember 2021. “Saya sudah off. Saya teruskan informasi ini ke pusat,” kata Pandu. (ang/don)