Mochammad Angga


Wartawan Tadatodays.com | 2021-06-01 20:59:18

Tanpa Ampun, Puluhan Buruh Tani Tangkap Lalu Hajar Maling Motor

DIGAGALKAN: Rudihartono, menunjukkan motor miliknya yang gagal dicuri pelaku. Selain membawa motornya, Rudi dan puluhan temannya juga membawa seorang pelaku ke Mapolsek Leces.

PROBOLINGGO, TADATODAYS.COM - Rudihartono, 35, warga Dusun Kramat, Liprak Kulon, Kecamatan Banyuanyar, Kabupaten Probolinggo, berhasil mengamankan motor Yamaha Vega ZR Nopol 4437 ZQ miliknya sendiri yang hendak dicuri maling. Tak ayal, maling itu dihajar oleh puluhan buruh tani.

Pelaku bernama Fendi, 29, warga Dusun Ranugedang, Kecamatan Tiris. Saat itu ia mencuri motor seorang diri.

Baca Juga : Dua Sapi Indukan Milik Warga Kedungsupit Dimaling, Pemilik Merugi Rp 35 juta

Informasi yang dihimpun tadatodays.com, bermula saat Rudihartono berangkat bekerja dengan mengendarai motor Yamaha Vega dari rumahnya, Selasa (1/6/2021) sekira pukul 07.00 WIB. Diketahui, buruh tani ini diajak oleh jurangannya yaitu Bunawi, warga Desa Blado Kidul, Kecamatan Banyuanyar untuk memanen jagung.

Baca Juga : Hendak Curi Motor Pedagang, Maling asal Probolinggo Dihajar Warga

Sesampainya di tempat kejadian perkara (TKP), Rudi memarkir motornya di sisi utara. Selanjutnya, ia mengamankan motornya dengan kunci ganda, mulai kunci setir hingga dipasang rantai milik teman kerjanya.

Di saat Rudi sibuk bekerja, sekira pukul 13.30 WIB, motor itu tiba-tiba terlihat oleh teman kerjanya hendak dicuri satu orang pelaku.

Beruntung motor tak berhasil dibawa pelaku, setelah dikunci ganda tersebut. Namun, kontak motor mengalami kerusakan dan pelaku melarikan diri ke arah timur akibat gagal mekancarkan aksinya.

Mengetahui pelaku kabur, puluhan buruh tani yang berada di sawah langsung mengejar dan berhasil menangkap pelaku. Karena kesal, puluhan petani langsung menghajar pelaku tanpa ampun sampai mengeluarkan darah.

Rudihartono mengatakan, pihaknya tidak mengetahui secara pasti saat motornya hendak dicuri. Beruntung, ada salah satu petani yang berteriak-teriak bahwa ada motor yang akan dicuri. "Ya, syukur karena motor jatuh saat hendak dicuri," katanya, saat ditemui di Mapolsek Leces saat melaporkan kejadian tersebut.

Rudi menyampaikan, saat itu bukan hanya motor miliknya yang diparkir, melainkan ada sekitar 5 unit dari 8 petani yang sedang bekerja.

Sementara itu, Satreskrim Polsek Leces masih melakukam penyelidikan dalam kasus tersebut. (ang/don)