Zainul Rifan


Wartawan Tadatodays.com | 2021-06-01 21:29:01

Tantang Warga saat Ketahuan Curi Motor, Pelaku Berhasil Dilumpuhkan

NEKAT: Meski kepergok warga saat mencuri motor, Arifin tetep nekat menantang warga duel hingga akhirnya ia dilumpuhkan dengan bogem warga. (foto: istimewa)

PROBOLINGGO, TADATODAYS.COM - Polsek Banyuanyar mengamankan Arifin alias Ari, 36, warga Desa Gunung Geni, Kecamatan Banyuanyar, Kabupaten Probolinggo, Selasa (1/6/2021) sekira pukul 03.00 WIB. Ia diamankan lantaran kedapatan mencuri motor milik Usman Musyarofah, warga Desa Liprak Kulon, Kecamatan Banyuanyar.

Kanit Reskrim Polsek Banyuanyar, Aipda Andri Okta mengatakan,  pencurian tersebut terjadi pada Selasa (1/6) sekira pukul 02.00 WIB. Kala itu, pelaku mencuri motor yang berada di depan rumah korban, di Dusun Krajan RT 04 RW 02, desa setempat.

Baca Juga : Dua Sapi Indukan Milik Warga Kedungsupit Dimaling, Pemilik Merugi Rp 35 juta

Dengan menggunakan kunci T, pelaku langsung membawa motor Scoopy Warna Putih bernopol L 4391 AJ. Namun nahas, sebelum berhasil menjauh korban diketahui oleh Abdul Manaf, tetangga korban. "Saksi (Abdul Manaf) langsung menegur pelaku," kata Aipda Andri.

Baca Juga : Hendak Curi Motor Pedagang, Maling asal Probolinggo Dihajar Warga

Bukan malah melepas motor yang jadi incarannya, pelaku justru menantang Manaf berkelahi dengan celurit yang disimpan di balik bajunya. Pelaku langsung membacok Manaf di bagian perut sebelah kiri. Akibatnya baju Manaf sobek dan perut sebelah kiri mengalami goresan.

Tak hanya di perut, Manaf juga terluka di bagian bibir. Beruntung warga lainnya datang untuk membantu Manaf, sehingga pelaku berhasil dilumpuhkan oleh warga dengan bogem mentah. Warga selanjutnya menghubungi Polsek Banyuanyar. "Kebetulan kami sedang patroli," katanya, melalui pesan singkat whatsapp.

Andri menjelaskan, saat ini pihaknya masih melakukan pendalaman. Karena dari keterangan pelaku saat diinterogasi, saat mencuri itu mengaku kalau ia bersama dengan temannya yang melarikan diri.

Sementara bukti yang berhasil diamankan yakni motor Honda Scoopy yang dicuri pelaku, sebilah celurit yang digunakan pelaku membacok Manaf, serta anak kunci T yang digunakan untuk merusak kunci motor tersebut. (zr/don)