Alvi Warda


Wartawan Tadatodays.com | 2022-06-16 13:55:13

Teater Gembok Siapkan Pementasan “Sumber Sentong”

PERSIAPAN: Latihan dan persiapan Teater Gembok untuk mementaskan naskah “Sumber Sentong” pada 16 Juli mendatang.

PROBOLINGGO, TADATODAYS. COM - Teater Gembok Probolinggo akan kembali menggelar pementasan. Kali ini mereka menyiapkan pementasan teater dengan naskah tentang legenda Sumber Sentong. Sumber Sentong merupakan salah satu sumber air di Kota Probolinggo  yang berlokasi di Kelurahan Jrebeng Wetan.

Pentas teater berjudul “Sumber Sentong” itu akan digelar pada Kamis 16 juli 2022 pukul 19.00 WIB, di Gedung Kesenian Kota Probolinggo. Tiket pertunjukan ini bisa dibeli melalui pemesanan di instagram teater gembok.

Untuk mempersiapkan pementasan kedua tahun ini, para pemain rutin berlatih tiga kali seminggu. Seperti saat dikunjungi tadatodays.com pada Selasa (14/6/2022), Deva Alvaro  selaku sutradara mengatakan, persiapannya sejauh ini sudah lumayan banyak. Bahkan properti yang akan mereka gunakan sudah siap ditampilkan.

Terlihat mereka berlatih dengan awasan dari sutradara. Akan ada 14 pemeran dalam pertunjukan tersebut. Seperti pertunjukan sebelumnya, 14 pemeran itu merupakan anak sekolah yang tergabung di Teater Gembok.

Deva membocorkan cerita pementasan teater yang ia sutradarai itu. Ada seorang anak yang membangkang kepada keluarganya. Sedangkan Sumber Sentong sebagai penebusan dosa anak tersebut. "Ada seorang anak yang membangkang kepada keluarganya. Ia membunuh kakak dan tunangan kakaknya, karena dihasut. Kemudian, sumber sentong ini menjadi penebusan anak itu, " ucapnya.

Untuk pementasan ini, Deva mengaku mencari beberapa referensi terkait Sumber Sentong. Seperti mendatangi sesepuh masyarakat di sekitar Sentong dan sumber lainnya.

Perlu diketahui, legenda bukan kisah nyata atau sejarah. Legenda merupakan cerita yang hidup di tengah tradisi lisan rakyat. Menurut Deva, begitu pula pentas teater Sumber Sentong. Cerita ini bukanlah berdasarkan kisah nyata. Ia menggunakan penuturan sesepuh sebagai referensi cerita, dipoles dengan sekenario cerita.

Deva berharap, pertunjukan mendatang bisa sukses dan lancar. Ia juga sangat berharap, penonton bisa menikmati cerita dan mengetahui legenda Sumber Sentong ala Teater Gembok. "Semoga sukses dan banyak yang nonton. Sehingga masyarakat tahu seperti apa legenda Sumber Sentong, " tuturnya. (alv/why)