Andi Saputra


Wartawan Tadatodays.com | 2021-04-28 12:55:51

Tekan Antrean Kendaraan, Dishub Jember Ujicoba Sistem Warning Light

LALU LINTAS: Petugas Dishub Jember mempersiapkan penerapan sistem warning light di perempatan Slawu, Rabu (28/4).

JEMBER, TADATODAYS.COM - Dinas Perhubungan (Dishub) Kabupaten Jember mengadakan sosialisasi Manajemen dan Rekayasa Lalu Lintas (MRLL) di simpang empat Slawu, Kelurahan Slawu Kecamatan Patrang.

MRLL itu, berupa penerapan sistem baru di simpang empat Slawu dari penerapan trafic light aktif menjadi hanya warning light atau lampu kuning.

Baca Juga : Jembatan Diperbaiki, Lalu Lintas Jalan Raya Jabung Sisir Tersendat

Pelaksana tugas (Plt) Kasi Rekayasa Lalin Dishub Jember, Nova Aritonga saat dikonfirmasi di sela-sela sosialisasi menerangkan, penerapan manajemen baru tersebut didasari hasil evaluasi dan analisis terhadap kondisi lalu lintas dan fisik ruas jalan setempat, serta menelaah terjadinya antrean kendaraan selama mendekati simpang berdasarkan pemantauan yang telah dilakukan.

Baca Juga : Dishub Jember Klaim Volume Kendaraan Turun 43 Persen Selama PPKM Darurat

Sosialisasi penerapan sistem baru sendiri akan dilakukan selama 3 hari  sejak hari ini, Rabu (28/4) hingga Jumat (30/4) mendatang. "Jika sesuai akan kami lanjutkan sistem baru ini," ujarnya.

Nova menyebutkan, pelaksanaan evaluasi dan analisis juga akan diberlakukan di beberapa simpang jalan lainnya. Seperti, simpang empat Mastrip, simpang tiga Kaliputih dan simpang lainnya yang membutuhkan penanganan dan pengendalian sesuai dengan kondisi lalu lintas yang dinamis. "Nanti setelah lebaran," katanya.

Nova menambahkan, penerapan dan pengaturan lalu lintas pada prinsipnya tetap memperhatikan dinamika di lapangan utamanya terhadap  kondisi arus lalu lintas, kondisi fisik jalan atau simpang serta berbagai parameter lain seperti keselamatan dan laka lantas. "Tetap koordinasi dengan Satlantas Polres Jember," kata Nova. (as/don)