Zainul Rifan


Wartawan Tadatodays.com | 2022-03-22 17:54:15

Telusuri Jual Beli Motor di Medsos, Polres Probolinggo Gandeng Polda

MEDSOS: Jual beli motor yang tidak dilengkapi surat-surat kendaraan banyak ditemukan di media sosial facebook. Polres Probolinggo menduga kendaraan yang dijual tersebut hasil curian. Untuk mendalami hal itu, Polres bakal bekerjasama dengan Tim Siber Polda Jawa Timur.

PROBOLINGGO, TADATODAYS.COM - Polres Probolinggo menyoroti maraknya jual beli motor yang tak dilengkapi surat-surat kendaraan melalui media sosial facebook. Pasalnya, para penadah motor curian yang telah ditangkap kepolisian mengaku mendapatkan motor curian melalui salah satu akun facebook.

Untuk mendalami hal itu, Polres Probolinggo bakal bekerjasama dengan Tim Siber Polda Jawa Timur. Kerjasama itu guna mencari tahu pemilik akun yang menjual motor tanpa dilengkapi surat resmi.

Baca Juga : Mobil Tabrak Motor, Serempet Mobil, Senggol Becak

Kasat Reskrim Polres Probolinggo, AKP Rachmad Ridho mengatakan kebanyakan penjual dan pembeli motor di dunia maya tidak saling kenal. Sehingga setelah selesai melakukan transaksi, para penjual sudah menghilangkan jejak dengan cara menghilang begitu saja. "Ketika dihubungi sudah tidak bisa lagi," katanya, Selasa (22/3/2022).

Baca Juga : Pemkab Jember Fasilitasi 30 Motor untuk Pengawas Pendidikan

Ridho menuturkan, jika pihaknya berhasil mendeteksi pemilik akun penjual motor tersebut, maka secara otomatis bisa mempersempit pasar penjualan motor hasil curian dan menekan kasus curanmor di Kabupaten Probolinggo.

Selain fokus mengungkap akun penjual, pihaknya sudah melakukan penyelidikan dengan cara berkoordinasi dengan polsek jajaran. Dimana ketika ada kasus pencurian di TKP berbeda, maka akan dipelajari modus dan ciri pelaku pencurian. "Itu akan mempermudah pengungkapan," ucapnya.

Perwira dengan tiga balok di pundaknya ini mengatakan, jika kesadaran masyarakat untuk membeli motor yang dilengkapi surat-surat kendaraan akan membantu menekan maraknya kasus curanmor. (zr/don)