Muhammad Musleh


Wartawan Tadatodays.com | 2020-08-27 17:49:55

Tembus 2 Ribu, Pendaftar Bantuan Usaha Mikro Senilai Rp 2,4 Juta di Kabupaten Lumajang

ANTUSIAS: Pelaku Usaha Mikro di Kabupaten Lumajang saat mendaftarkan diri ke kantor Dinas Koperasi dan Usaha Mikro.

LUMAJANG, TADATODAYS.COM - Antusiasme masyarakat untuk mendapatkan Bantuan Produktif Usaha Mikro (BPUM) senilai 2,4 juta dari Pemerintah Pusat cukup tinggi. Sejak dibuka mulai senin (24/08/2020) pendaftar di Dinas Koperasi dan Usaha Mikro Kabupaten Lumajang sudah tembus 2.000 UMKM. Padahal, Pemerintah pusat hanya menyiapkan 12 juta se-Indonesia.

"Soal keputusan nanti tetap Pemerintah Pusat, kami hanya menampung usulan saja dari pelaku Usaha Mikro,"Terang Kepala Dinas Koperasi dan Usaha Mikro Kabupaten Lumajang, Suharwoko, Kamis (27/08/2020).

Baca Juga : Penerima PKH di Kabupaten Probolinggo Resah Bantuannya Dicabut

Woko mengatakan, pendaftar bantuan itu cukup tinggi. Dari data Dinas Koperasi dan Usaha Mikro Kabupaten Lumajang sudah ada sekitar 2.000 pendaftar. "Bantuan ini diperuntukan bagi Usaha Mikro, yakni asetnya dibawah 50 juta, dan pendapatan pertahun dibawah 300 juta,"Katanya.

Baca Juga : Ke Probolinggo, Khofifah Bagikan Ventilator ke Rumah Sakit Rujukan Covid-19

Mantan Kepala Disnaker ini menjelaskan bahwa syarat mendapatkan program ini sangat mudah, cukup mengisi formulir usulan peserta, fotocopy E-KTP, cetak foto pelaku usaha bersama produk atau usahanya serta fotocopy Kartu Keluarga (KK) bagi yang belum memiliki rekening tabungan.

Sedangkan kriteria yang dipersyaratkan adalah pelaku usaha mikro yang aktif melakukan kegiatan usaha, bukan Aparatur Sipil Negara (ASN), bukan anggota TNI/Polri dan bukan pegawai BUMN/BUMD.

“Validasi dari kita, harus ada KTP Elektronik dan foto usaha, persyaratannya mudah sekali nanti kita yang merekap dan mengirimkan ke Kementerian secara berkala secepatnya,” jelasnya.

Dijelaskan lebih lanjut bahwa pihaknya juga mempermudah masyarakat dalam melengkapi persyaratan mendapatkan program ini. Pihaknya menghadirkan BRI Cabang Lumajang di kantor Dinas Koperasi dan Usaha Mikro untuk mempermudah pembuatan rekening baru.

“Kita berinovasi bekerja sama dengan BRI karena salah satu syarat mendapatkan hibah modal ini adalah memiliki rekening, jadi biar cepat dan memudahkan masyarakat pelayanan jam 8-3 sore, kalau persyaratannya sudah lengkap bisa langsung diterbitkan nomor rekeningnya tanpa ada uang muka dan biaya administrasi,” pungkasnya. (mm/sp)