Zainul Rifan


Wartawan Tadatodays.com | 2021-07-21 14:50:45

Temukan Cacing Hati pada Tiga Ekor Sapi Kurban

KESEHATAN HEWAN: Petugas DPKH Kabupaten Probolinggo saat menemukan cacing hati pada tubuh sapi kurban, Selasa kemarin. (foto: istimewa)

PROBOLINGGO, TADATODAYS.COM - Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan (DPKH) Kabupaten Probolinggo menemukan cacing hati pada 3 ekor sapi kurban. Tiga ekor sapi tersebut disembelih di tempat yang berbeda yakni di Kecamatan Tiris, dan Kecamatan Kraksaan. Namun, sapi-sapi itu tidak dipotong di Rumah Pemotongan Hewan (RPH) setempat.

Kepala DPKH Yahyadi, melalui Kasi Kesmavet Nicho menyampaikan, sapi kurban tersebut disembelih pada Selasa (20/7/2021), bertepatan dengan hari raya Idul Adha. Ada sebanyak 404 ekor sapi, 908 ekor domba dan 325 ekor kambing yang disembelih di 214 lokasi berbeda. "Semuanya di luar RPH," katanya, Rabu (21/7).

Baca Juga : Masyarakat Masih Percaya Hoax, Dinkes Kabupaten Probolinggo Door to Door Kebut Vaksinasi

Yahyadi menjelaskan, hati sapi yang terdapat cacing tersebut kemudian disarankan untuk tidak dikonsumsi. Tak hanya hati, bagian perut sapi juga disarankan untuk tidak dikonsumsi karena dikhawatirkan terkontaminasi oleh telur cacing hati.

Baca Juga : Bantuan PKH Diduga Disunat, 6 Warga Desa Randuputih Probolinggo Lapor Polisi

Jika tetap dikonsumsi,  dimungkinkan cacing dan telurnya tidak mati, sehingga dapat menyebabkan penyakit pada tubuh manusia. Sementara untuk daging sapi dipersilahkan untuk dikonsumsi. "Dengan catatan dagingnya tidak ada yang rusak," katanya.

Untuk itu ia mengimbau kepada masyarakat yang hendak berkurban untuk memeriksakan kesehatan sapi terlebih dulu kepada petugas kesehatan hewan.

Ia juga menyarankan kepada panitia ataupun takmir masjid agar menyembelih hewan kurban di RPH setempat, agar kesehatannya terjamin serta mencegah adanya kerumunan warga."Ini kan masih masa pandemi," ujarnya melalui panggilan seluler. (zr/don)