Mochammad Angga


Wartawan Tadatodays.com | 2021-08-19 20:19:15

Tender Pelaksana Proyek RS Baru Direview, Ini Alasan DPUPR Probolinggo

INFRASTRUKTUR: Sebagian pondasi bangunan rumah sakit baru Kota Probolinggo sudah dibangun. Tapi untuk kelanjutan proyek tersebut masih terhambat, sebab ada review dokumen lelang pelaksana proyek.

PROBOLINGGO, TADATODAYS.COM - Tender proyek pelaksana pembangunan rumah sakit baru di Kelurahan Kareng Lor, Kecamatan Kedopok, Kota Probolinggo, harus direview. Pasalnya ada beberapa berkas dokumen lelang yang belum terpenuhi.

Sekretaris DPUPR-Perkim Kota Probolinggo, Andung Tjahyono mengatakan bahwa ada beberapa item berkas tender pelaksana pembangunan rumah sakit baru masih terdapat revisi.

Andung menjelaskan, sebelumnya berkas tender telah dilimpahkan ke Bagian Pengadaan Barang dan Jasa. Nantinya, berkas itu dipelajari oleh pokja untuk menentukan pemenangnya. “Nanti dikembalikan ke PUPR-Perkim,” katanya.

Ia menyampaikan, proyek tersebut memakan waktu sekitar 2 tahun ke depan, dengan total anggara Rp 132 miliar. Untuk tahun 2021 dianggarkan Rp 82 miliar.

Dikonfirmasi terpisah, Ketua Komisi 3 DPRD Kota Probolinggo Agus Riyanto membenarkan bahwa sebelumnya sudah ada pemenang tender pelaksana proyek. Namun pembangunan rumah sakit masih direview, sehingga belum ada penentuan pemenang tender.

Agus menjelaskan, dokumen peserta tender dikembalikan ke DPUPR-Perkim. “Karena ada kekurangan SPPBJ (Surat Penunjukan penyedia barang dan jasa)," ujar Agus.

Menurutnya, pembangunan rumah sakit baru akan tetap terlaksana, karena pembangunannaya secara multiyears.

Pemenang tender Manajemen Konstruksi sudah ada penetapan pemenang dari PT. Virama Karya dari Surabaya dengan nilai harga negosiasi senilai Rp. 5.190.847.750. Sebelumnya, pemenang MK dari PT. Elsadai Servo Cons dengan hasil negosiasi Rp. 5.102.102.500, ditolak.

perlu diketahui, sebelumnya pemkot telah menentukan pemenang lelang Manajemen Konstruksi yakni PT Virama Karya dari Surabaya. (ang/don)