Usman Afandi


Wartawan Tadatodays.com | 2021-02-07 16:32:28

Terdampak Abu Vulkanik Gunung Raung, Bandara Banyuwangi Ditutup

TERDAMPAK: Executive General Manager PT Angkasa Pura II (Persero) KC Bandara Banyuwangi, Cin Asmoro (masker hijau) saat jumpa pers kepada wartawan terkait penutup sementara Bandara Banyuwangi.

BANYUWANGI, TADATODAYS.COM - Abu vulkanik Gunung Raung di Kabupaten Banyuwangi, semakin meluas. Hari ini, Minggu (07/2/2021), Bandara Banyuwangi ditutup sementara akibat sebaran abu vulkanik yang berisiko bagi penerbangan dari dan menuju Banyuwangi.

Executive General Manager PT Angkasa Pura II (Persero) KC Bandara Banyuwangi, Cin Asmoro mengatakan, bandara akan ditutup selama 6 jam, sampai situasi sudah di rasa baik.

Baca Juga : Dampak Abu Vulkanik Gunung Raung, BPBD Imbau Warga Tetap di Rumah

Cin Asmoro menyampaikan, pihaknya telah menerima notice to airmen (notam) dari Airnav Indonesia untuk penutupan Bandara Banyuwangi. "Hari ini per pukul 08.50 hingga 14.50," katanya.

Baca Juga : Abu Vulkanik Gunung Raung sampai ke Bali

Ia menjelaskan, bahwa sebelumnya berdasarkan hasil observasi abu vulkanik Gunung Raung telah mencapai Bandara Banyuwangi. Sementara dari data BMKG menunjukkan, arah semburan abu vulkanik mengarah ke timur termasuk ke bandara, didukung hasil paper test yang hasilnya positif.

Dari kondisi itu, pihak Bandara Banyuwangi telah melaporkan ke otoritas bandara wilayah 3 Surabaya.

Sedianya, pada Minggu ini, Bandara Banyuwangi melayani lima rute penerbangan. Yakni, maskapai Citilink pulang pergi (PP) dari Surabaya menuju Denpasar, lalu ada tiga penerbangan lagi rute Jakarta Bandara Soekarno Hatta (CGK) - Banyuwangi (BWX) PP yang dilayani oleh tiga maskapai, yakni Citilink, Garuda Indonesia, dan Batik Air.

Cin Asmoro menyampaikan, untuk rute Citilink rute Jakarta yang seharusnya terbang Minggu pagi, masih menunggu perkembangan lebih lanjut. Pihak maskapai juga belum ada keputusan penundaan penerbangan. "Kami juga terus memantau paper test per 30 menit, melihat perkembangan sebaran abu," kata Cin.

Sementara, ada tiga pesawat komersial yang telah menyatakan pembatalan operasi di Bandara Banyuwangi, yakni Garuda Indonesia dan Batik Air, dengan rute Jakarta (CGK) - Banyuwangi (BWX) pp untuk hari ini, dan Citilink rute Denpasar - Banyuwangi - Surabaya. "Sebenarnya ada 10 jadwal penerbangan, tiga beroperasi normal, yang enam memastikan cancel," katanya.

Kini, pihak Bandara Banyuwangi masih menunggu perkembangan apakah penutupan bandara tersebut akan diperpanjang hingga keesokan harinya atau tidak.

Sementara itu, salah satu penumpang asal Banyuwangi, Sintia, 27 tahun, saat ditanya tadatodays.com  mengatakan, pihaknya saat ini sedang menunggu kebijakan bandara terkait kapan akan dibuka lagi.

Semula, Sintia akan naik pesawat Citilink pada pukul 14.00 WIB. "Semoga saja tidak di batalkan jurusan ke Jakarta," ujarnya. (usm/don)