Zainul Rifan


Wartawan Tadatodays.com | 2021-08-03 15:16:14

Terekam CCTV, Pelaku Gagal Curi Motor di Masjid

PERCOBAAN: Ustaz Sulhan, menunjukkan tempat parkir motor salah satu jamaah masjid yang gagal dicuri pelaku. Aksi percobaan pencurian itu terekam kamera CCTV yang terpasang di masjid tersebut.

PROBOLINGGO, TADATODAYS.COM - Dua orang tak dikenal terekam Closed-Circuit Television (CCTV), saat hendak melakukan pencurian motor di halaman Masjid Babus Shofa, Desa Bulang, Kecamatan Gending, Kabupaten Probolinggo. Percobaan pencurian itu terjadi pada Senin (2/8/2021).

Dalam rekaman CCTV berdurasi 1 menit 42 detik itu, memperlihatkan dua orang yang mengendarai motor Vario hitam masuk ke area masjid samping kanan. Kemudian, mereka menuntur motornya menuju halaman masjid. 

Baca Juga : Bersembunyi saat Dikepung Polisi dan Warga, Pencuri Motor Berhasil Ditangkap

Kemudian, salah satu pelaku yang menggunakan helm biru berjalan mendekati salah satu motor Vario milik jamaah yang terparkir di depan masjid. Sedangkan satu pelaku lainnya menunggu di motor mereka.

Baca Juga : 10 Menit Diparkir, Motor Pembeli Kerupuk Dicuri

Pelaku yang mendekati motor jamaah itu langsung memasukan benda ke bagian kunci motor. Akan tetapi, pelaku yang belum diketahui identitasnya itu terlihat kesulitan untuk membobol kunci motor itu.

Tak lama kemudian, pelaku mengurungkan niatnya untuk mencuri motor jamaah dan pergi  ke arah utara.

Pengurus takmir masjid setempat, Ustaz Sulhan Gani membenarkan kejadian tersebut. Ia mengatakan pada awalnya jamaah tidak mengetahui peristiwa percobaan pencurian itu, termasuk pemilik motor. "Jamaah sedang salat magrib," kata Sulhan pada tadatodays.com, Selasa (3/8/2021) siang.

Usai salat magrib itu, pemilik motor memberitahu pada jamaah lainnya kalau tang kunci motornya rusak dan tidak bisa dibuka lagi. Karena curiga, jamaah segera mengecek CCTV. "Itu motor nomor tiga dari sisi selatan," katanya.

Diketahui motor Vario warna hitam itu milik Zainul Mustaqim, warga dusun Rondokuning, desa setempat. Sedangkan masjid tersebut berada di dusun Langai II.

Motor milik Zainul terparkir bersama 15 motor jamaah lainnya, yang kebetulan setelah salat akan melaksanakan tahlilan di sekitar masjid. "Ketemunya mau tahlilan itu," ujarnya.

Karena sudah rusak, terpaksa motor tersebut dibawa pulang dengan cara didorong dengan dibantu oleh jamaah lainnya. (zr/don)