Zainul Rifan


Wartawan Tadatodays.com | 2020-08-20 22:46:37

Terlibat Carok, Dua Pria Tiris Probolinggo Terluka Parah

BERSIMBAH DARAH: Suman saat ditemukan warga di kebun kopi usai carok melawan Toli.

PROBOLINGGO, TADATODAYS.COM - Warga Dusun Darungan, Desa Tlogosari Kecamatan Tiris, Kabupaten Probolinggo dikagetkan aksi duel dua lelaki dewasa. Adalah Toli, 35 dan Suman 45 yang memilih carok di kebun kopi Dusun Wates, Desa Ranuagung kecamatan setempat untuk menyelesaikan masalah. Kejadian tersebut terjadi pada Kamis (20/8/2020) siang.

Informasi yang berhasil dihimpun Tadatodays.com, terjadinya carok itu berawal dari kecemburuan Suman terhadap Toli. Pasalnya, Toli diduga ada main dengan istri Suman. Sebelum carok, keduanya sempat terlibat adu mulut hingga tidak saling tegur sapa satu sama lainnya.

Baca Juga : Polres Probolinggo Ringkus Lelaki Pengoplos BBM

Kemudian beberapa minggu yang lalu Toli teoergok, saat masuk ke rumah Suman. Di situlah cekcok besarpun terjadi. Hingga akhirnya mereka melakukan duel di kebun kopi di Ranugedang. Tidak ada yang tahu kronologi aksi carok itu. Warga berdatangan, usai Suman ditemukan tergeletak di kebun kopi. Sedangkan Toli sudah tidak berada di lokasi.

Baca Juga : RINGKUS: Tersangka pengoplos BBM dengan Thiner saat ditangkap tim Polres Probolinggo.

"Tidak tahu, saya waktu itu pulang cari rumput, ada yang ngasih tahu kalau Suman carok. Ya kabarnya dia (Toli, red) merusak istri Suman sejak dulu," tutur Sanidin, warga desa setempat, yang masih keluarga Suman.

Hal senada juga disampaikan Sumarya, warga sekitar. Ia mengatakan tidak tahu pasti kejadiannya seperti apa, hanya saja memang sebelumnya sudah beredar rumor bahwasanya istri Suman sering diganggu oleh Toli. 

"Kejadiannya seperti apa tidak tahu, tahu-tahunya sudah begitu (carok, red). Kabarnya istrinya itu suman itu digoda" Tandasnya.

Dikonfirmasi terpisah, Kapolsek Tiris, Iptu Agus Supriyanto, membenarkan kejadian tersebut. Saat ini pihaknya sedang melakukan penyelidikan dan oleh TKP guna mengetahui kejadian yang sebenarnya.

"Kalau masalah itu (asmara, red) kurang jelas, informasi awal saja. Toli alias Abdurahman, itu pernah masuk rumahnya si Suman. Diketahui oleh Suman, terus terjadi perdebatan mulut, setelah itu pulang. Kami masih melakukan pendalaman atas kasus ini," terangnya pada tadatodays.com.

Menurutnya, akibat dari carok tersebut Suman mengalami luka parah di bagian kepala dan kedua tangannya. Kini Suman dirawat inap di RS Wonolangan Dringu. Sedangkan Toli mengalami luka di kepala dan jari tangan manis dan kelingkingnya sebelah kiri putus. Toli menjalani perawatan di RS Graha Sehat, Kraksaan. Namun sebelum dirawat, Toli yang sudah bersimbah darah sempat melapor ke Polsek Tiris. Kemudian oleh pihak kepolisan langsung dibawa ke rumah sakit terdekat. Pihaknya berhasil mengamankan barang bukti celurit yang digunakan keduanya.

"Setelah carok, dimungkinkan lawannya (Suman, Red) tidak berdaya. Toli lapor ke sini. Barang buktinya ya celurit yang digunakan pelaku," jelas Kapolsek Tiris melalui pembicaraan seluler. (zr/hvn)