Usman Afandi


Wartawan Tadatodays.com | 2021-01-19 20:57:34

Terminal Brawijaya Bakal Dirombak, Dianggarkan Rp 40 Miliar

TRANSPORTASI: DPRD Provinsi Jatim saat meninjau Terminal Brawijaya, yang rencana bakal dibangun dengan anggaran Rp 40 Miliar.

BANYUWANGI  TADATODAYS.COM -  Terminal Brawijaya, yang terletak di pusat kota Banyuwangi bakal diperbaiki dan akan menjadi terminal umum dan pariwisata.

Hal tersebut disampaikan oleh anggota Komisi D Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Provinsi Jawa Timur, Hermanto, Selasa 19/1/2021. Ia mengatakan, Provinsi Jawa Timur tahun ini mengalokasikan anggaran Rp 2,4 Miliar untuk memperbaiki Terminal Brawijaya. "Ini masih dalam tahap kajian,“ ujar Hermanto.

Baca Juga : Vaksinasi Tahap Dua di Banyuwangi Segera Dilakukan

Hermanto mengungkapkan, pihaknya sudah melakukan sidak bersama ketua Komisi D DPRD Provinsi Jawa Timur, Kuswanto, dan bersama beberapa anggota lainnya.

Baca Juga : KPU Tetapkan Cabup-Cawabup Banyuwangi Terpilih

Selain itu, sejak tahun 2017 pengelolaan terminal tersebut diserahkan kepada Provinsi Jawa Timur. Untuk total keselurahan dana pembangunan Terminal Brawijaya Banyuwangi, mencapai Rp 40 Miliar. “Anggaran sekian (Rp 40 M, Red.) peruntukanya bagaimana, bentuk kegiatannha bagaimana,” ungkapnya.

Dijelaskanya, dari total keseluruhan anggaran tersebut nantinya terminal Brawijaya akan memiliki tiga lantai, dan dimungkinkan pengelolaannya akan dikerjasamakan dengan pihak ketiga.

Menurutnya, saat ini masih proses kajian, sementara DED-nya sudah selesai. "Kemudian tidak selalu mengunakan anggaran APBD, tetapi dengan pengelolaan ini bisa mebantu operasional terminal,” katanya.

Mengenai prospek ke depan, diharapkan nantinya terminal Brawijaya bisa efektif saat Tol Probowangi sudah beroperasi. Sebab menurutnya, Tol Probowangi tidak hanya melewati Situbondo saja, tetapi juga melewati jalur Jember. “Bisa transit di sini,” tutupnya. (usm/don)