Tri Amelia Agustin Subandi


Wartawan Tadatodays.com | 2020-12-15 12:42:56

Terpilih Secara Aklamasi, Agus Lithanta Kembali Pimpin Dekopinda Kota Probolinggo

DUKUNGAN PENUH: Agus Lithanta menerima pataka dari Dekopinda Jatim setelah terpilih kembali secara aklamasi sebagai ketua Dekopinda Kota Probolinggo periode 2020-2025.

PROBOLINGGO, TADATODAYS.COM - Dewan Koperasi Indonesia Daerah (Dekopinda) Kota Probolinggo merampungkan Musyawarah Daerah (Musda), Minggu (12/12/2020). Dalam Musda tersebut, Agus Lithanta kembali terpilih secara aklamasi untuk periode 2020-2025.

Dalam musda yang digelar di aula pertemuan kantor Bakesbangpol tersebut, Agus Lithanta menjadi calon tunggal. “Memang untuk musda Dekopinda ini, saya kembali terpilih secara aklamasi. Hal ini ditetapkan setelah hanya saya calon tunggal untuk kandidat ketua,” terangnya pada tadatodays.com.

Baca Juga : OJK Cabut Izin Koperasi BPR Tawang Alun Banyuwangi

Sekitar 30 peserta yang hadir, kompak mendukung Apria yang juga pengawas di Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdibud) Kota Probolinggo. Ia berharap, ke depan Dekopinda dapat kembali menyatukan koperasi sebagai penggerak ekonomi kemasyarakat. “Karena koperasi adalah sokoguru ekonomi,” katanya mantap.

Baca Juga : Dites Rapid Antigen, 8 Orang Satpol PP Kota Probolinggo Reaktif

Dalam sambutannya setelah terpilih, ia mengatakan bahwa amanah sebagai ketua merupakan tanggungjawab besar. Terlebih saat ini dengan adanya pandemi covid-19. Menurut Agus, butuh solusi agar perekonomian pulih.

Sebagai bentuk keseriusannya, tahap awal yang dilakukannya adalah dengan merekrut pemuda milenial dalam kepengurusannya. Tidak tanggung-tunggung, sedikitnya 50 persen pengurusnya merupakan anak-anak muda. Langkah tersebut ditempuh, karena anak-anak muda lebih cepat beradaptasi di dunia digital.

“Kami sengaja merekrut kaum milenial yang tentunya sudah paham dengan koperasi. Ada dari akademisi dan pelaku koperasi. Kami tidak asal comot. Tetapi mereka itu memang sudah paham koperasi. Kami berharap, semoga melalui peran serta para pemuda, kami mampu merealisasikan digitalisasi koperasi,” pungkasnya. (mel/sp)