Hilal Lahan Amrullah


Wartawan Tadatodays.com | 2020-09-26 19:51:13

Tertidur saat Bakar Bulu Ayam, Rumah di Laweyan Hangus

DIPADAMKAN: Petugas damkar saat berusaha memadamkan api di rumah yang terbakar di Laweyan, Sumberasih Polrobolinggo.

PROBOLINGGO, TADATODAYS.COM - Duka menyelimuti keluarga Atmin, saat tahu rumahnya yang berada di Dusun Krajan, RT 25/ RW 10, Desa Laweyan, Kecamatan Sumberasih, Kabupaten Probolinggo, dilalap si jago merah. Beruntung, dalam kejadian pada Sabtu (26/9/2020) itu, tidak ada korban jiwa. Namun korban ditaksir mengalami kerugian senilai Rp 50 juta usai bangunan dapur hingga ruangan  depan rumahnya terbakar. “Pemiliknya mengetahui terbakar pukul 14.15, anginnya memang kencang,” terang Kasi Penanggulangan Bencana Kebakaran Satpol PP Kabupaten Probolinggo, Su’ud.

Awalnya Damkar Kabupaten Probolinggo mendapat informasi kebakaran tersebut dari Damkar Kota Probolinggo yang dihubungi warga melalui call center 112. Petugas mendapat laporan pada pukul 14.05. lantas petugas yang mengendarai truk damkar berukuran sedang tiba di lokasi kejadian pukul 14.25. Sedikitnya dua unit truk damkar, dari Kabupaten Probolinggo dan Kota Probolinggo, dikerahkan dalam peristiwa tersebut. Api akhirnya berhasil dipadamkan pada pukul 16.00. “Kebakaran masih dalam penyelidikan. Dalam perjalanan, warga sempat membantu dengan selang kecil,” jelasnya.

Baca Juga : Lupa Matikan Kompor, Dapur Warga Pilang Terbakar

Sementara kejadian nahas tersebut bermula saat pemilik rumah, Atmin membakar bulu ayam di kandang ayam yang terletak di dalam area rumah di bagian belakang. Kegiatan tersebut dilakukan sejak pagi hari. Bahkan ia selalu mengecek pembakaran bulu ayam hingga tiga kali, karena khawatir terjadi kebakaran. “Korban juga sempat meninggalkan pembakaran tersebut untuk solat duhur, namun tidak ada titik api. Tapi sekitar pukul 13.30, beliau ketiduran dan melihat api besar dalam kandang ayamnya,” ungkapnya.

Baca Juga : Lahan Kosong di Dekat Perumahan Terbakar, BPBD Imbau Masyarakat Lebih Hati-hati

Adapun korban bersama keluarganya saat ini sementara tinggal di rumah saudaranya di sebelah rumahnya yang terbakar. (hla/hvn)