Zainul Rifan


Wartawan Tadatodays.com | 2021-11-03 12:19:37

Tiang Lampu PJU di Kraksaan Pakai Bambu

DARURAT: Di ujung median jalan Panglima Sudirman Kraksaan, tepatnya di pertigaan Kampung Arab, berdiri tiang bambu untuk pemasangan lampu. Hal itu dilakukan Dishub setempat, sambil menunggu pesanan tiang besi PJU.

PROBOLINGGO, TADARODAYS.COM - Dinas Perhubungan (Dishub) Kabupaten Probolinggo mengganti 22 tiang listrik lampu Penerangan Jalan Umum (PJU) dengan menggunakan bambu. Tiang bambu itu terpasang di tengah median jalan sepanjang  Jalan Panglima Sudirman, Kota Kraksaan.

Dari pantauan tadatodays.com tiang bambu tersebut terpasang mulai dari pertigaan Kelurahan Semampir, atau depan Kantor Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Probolinggo. Hingga di pertigaan Jalan Juanda, atau pertigaan Kampung Arab.

Baca Juga : Sehari, KPK Geledah Lima Kantor Pemkab Probolinggo, Salah Satunya Dinsos

Plt Kabid Sarana Prasarana pada Dishub Kabupaten Probolinggo, Asminanik mengatakan kalau pemasangan tiang bambu itu hanya bersifat sementara. Dimana saat ini pihaknya dalam upaya perbaikan tiang PJU, masih menunggu pesanan tiang yang belum datang. "Dalam minggu ini datang," sampainya pada tadatodays.com, Rabu (3/11/2021).

Saat ditanya alasan menggunakan bambu, ia menjawab kalau selama perbaikan pihaknya tetap ingin memberikan penerangan kepada para pengguna jalan.

Terlebih penerangan di kawasan itu memang penting. Karena selain ada di tengah-tengah Ibu Kota Kabupaten Probolinggo, jalan tersebut merupakan ruas utama jalan raya pantura Situbondo-Surabaya. "Takut terjadi kecelakaan," katanya.

Ia juga menambahkan kalau pihaknya tidak hanya memperbaiki 22 unit itu saja. Melainkan akan memperbaiki lampu PJU sepanjang Kota Kraksaan yang kesemuanya ada 37 tiang PJU. "15 tiang lainnya menyusul," ucapnya, melalui panggilan seluler.

Tidak terpenuhi semuanya itu dikarenakan anggaran yang kurang. Dimana anggaran perbaikan senilai 731 juta rupiah, hanya mampu mencakup 22 tiang saja. (zr/don)