Zainul Rifan


Wartawan Tadatodays.com | 2021-11-11 18:06:41

Tiga Desa Tidak Ada Pendaftar, Enam Desa Hanya Satu Bacakades

BACAKADES: Suham (kanan) menjadi satu-satunya warga setempat yang mendaftar sebagai bacakades di Desa Randutatah, Kecamatan Paiton. Ia telah menyerahkan berkas pendaftaran kepada ketua panitia pilkades, Sulaiman.

PROBOLINGGO, TADATODAYS.COM - Tahapan pendaftaran Pemilihan Kepala Desa serentak tahap II di Kabupaten Probolinggo, sudah ditutup pada Selasa (9/11) lalu. Namun ada tiga desa yang tidak ada bakal calon kepala desa (bacakades) karena tidak ada yang mendaftar. Ketiga desa tersebut berada di Kecamatan Sukapura, yakni Desa Jetak, Desa Ngadas dan Desa Ngadirejo.

Kabid Penataan Desa pada Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa, Nur Rahmad Sholeh menyampaikan selain tiga desa yang tidak ada pendaftarnya, juga ada 6 desa yang pendaftar bacakadesnya hanya satu orang atau calon tunggal.

Baca Juga : Berkas Pendaftarannya Dikembalikan Panitia, Tiga Bacakades Mengadu ke DPRD

Keenamnya adalah Desa Pondok Kelor, Desa Randutatah, Kecamatan Paiton; Desa Sumberan, Kecamatan Besuk; Desa Tanjung, Kecamatan Pajarakan; Desa Ngadisari dan Desa Wonotoro Kecamatan Sukapura.

Baca Juga : Dispendik Temukan Empat Ijazah Bacakades yang Diduga Palsu

Desa-desa tersebut, baik desa yang yang tidak ada bacakadesnya, ataupun desa dengan satu bacakades bakal diperpanjang masa pendaftarannya. "Sebab sesuai aturan, maka setiap desa harus ada calon minimal adalah dua orang," katanya.

Hanya saja, panitia pilkades tingkat kabupaten dengan beberapa pihak terkait akan melakukan koordinasi tentang jadwal dan mekanisme perpanjangan pendaftaran. "Sehingga pelaksanaannya bisa lancar," ujarnya.

Sekadar informasi, saat ini pilkades memasuki tahap verifikasi berkas pendaftaran mulai 10 November sampai 7 Desember mendatang, atau 20 hari jam kerja. Sedangkan pemungutan suara bakal digelar pada 17 Februari 2022 mendatang. (zr/don)