Zainul Rifan


Wartawan Tadatodays.com | 2021-06-30 20:30:03

Tiga Jabatan Kepala OPD Kosong, Pemkab Probolinggo Gelar Asesmen

TUNGGU REKOM: Tahapan asesmen untuk tiga jabatan kepala OPD di lingkungan Pemkab Probolinggo, tinggal menunggu rekomendasi dari KASN.

PROBOLINGGO, TADATODAYS.COM - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Probolinggo saat ini melakukan lelang jabatan atau asesmen, untuk mengisi kekosongan  tiga jabatan kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD). Tiga OPD tersebut yakni Dinas Perhubungan (Dishub), Dinas Perumahan, Pemukiman dan Pertanahan (Perkim), dan Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR).

Sekretaris Badan Kepegawaian Daerah (BKD) setempat, Syamsul Huda saat dikonfirmasi di kantornya  menuturkan, pendaftar di masing-masing OPD tersebut sebanyak tiga calon. "Ketiganya berasal dari Kebupaten Probolinggo," ujarnya.

Baca Juga : Peringatan Hari Koperasi ke 74, Gerakan Koperasi Menyumbangkan 3 Ekor Sapi

Namun sayang, Syamsul tak menyebut nama kesembilan pendaftar. Nama-nama tersebut kini telah disampaikan kepada Komisi Aparatur Sipil Negara (KASN) untuk mendapatkan rekomendasi terkait siapakah yang lulus dalam seleksi. Diketahui, proses asesmen telah  dilakukan beberapa waktu lalu dan tinggal menunggu rekomendasi KASN.

Baca Juga : Peringatan Hari Koperasi ke 74, Gerakan Koperasi Sumbangkan 3 Ekor Sapi

Selama tes berlangsung, banyak penguji yang menyeleksi kesembilan pendaftar. Di antaranya, dari unsur birokrasi, praktisi pemerintahan, dan dari Badan Kepegawaian Nasional (BKN). "Semua penguji berasal dari luar Kabupaten Probolinggo," kata Syamsul.

Saat ini, pihaknya masih hanya menunggu surat rekomendasi tersebut. Jika nanti surat tersebut turun, maka pihaknya akan mengirim ke Bupati Probolinggo untuk dilakukan penetapan, sekaligus pelantikan terhadap nama yang dinyatakan lolos.

Syamsul menjelaskan, jika nanti lolos, maka jabatan yang sebelumnya dijabat maka akan digeser dan digantikan orang lain. Itu, bersamaan dengan saat penetapan sesuai dengan kebijakan Bupati Probolinggo. Namun jika tidak lolos, maka ia tetap akan menjalankan tugas di jabatan sebelumnya. (zr/don)