Rifky Leo Argadinata


Wartawan Tadatodays.com | 2022-01-07 17:31:49

Tingkatkan Pengawasan Pelabuhan Ketapang untuk Cegah Varian Omicron

PENGAWASAN: Bupati Ipuk Fiestiandani memantau pengawasan operator Pelabuhan Ketapang, utamanya di Pos Kesehatan. Pantauan itu dilakukan untuk mengantisipasi masuknya Covid-19 varian Omicron di Banyuwangi.

BANYUWANGI TADATODAYS.COM - Bupati Banyuwangi Ipuk Fiestiandani, memerintahkan operator Pelabuhan Ketapang-Gilmanuk untuk meningkatkan pengawasan terhadap warga yang menyeberang melalui pelabuhan tersebut. Pasalnya, orang yang terdeteksi Covid-19 varian Omicron di Jawa Timur ditemukan setelah perjalanan dari Bali dan menyeberang dari Gilimanuk menuju Ketapang.

Hal itu disampaikan Bupati Ipuk saat meninjau Pos Kesehatan Pelabuhan Ketapang, Jumat (7/1) pagi.

Baca Juga : Mantan Kepala dan Kabid di BPBD Jember Tersangka Pemotongan Honor Pemakaman Pasien Covid-19

Ipuk menyampaikan, Satgas Covid-19 tingkat kelurahan dan desa harus mengawasi masyarakat yang masuk dan keluar Banyuwangi. “Guna mengantisipasi Covid-19 varian Omicron agar tidak masuk ke Banyuwangi,” ujarnya.

Baca Juga : Vaksinasi Desa Sumberpakem Sudah Capai 70 Persen

Selain itu, Ipuk juga menginstruksikan Satgas Covid19 untuk mengintensifkan testing dengan melakukan tes swab secara acak. "Utamanya di ruang-ruang publik," katanya.

Ipuk menambahkan, petugas pelayanan kesehatan juga harus siap siaga terhadap ancaman Omicron. "Menurut pakar, tingkat penularan Omicron lebih tinggi dibanding varian sebelumnya," tuturnya. (rl/don)