Zainul Rifan


Wartawan Tadatodays.com | 2021-11-11 16:25:40

Total Ada 962 Bacakades, Panitia Mulai Lakukan Verifikasi Berkas Pendaftaran

TAHAPAN: Desa Randutatah, Kecamatan Paiton, merupakan salah satu desa di Kabupaten Probolinggo yang menggelar pilkades. Setelah masa pendaftaran ditutup, panitia pilkades setempat selanjutnya melakukan verifikasi berkas pendaftar.

PROBOLINGGO, TADATODAYS.COM - Pendafataran bakal calon kades sudah berakhir pada Selasa (9/11) lalu. Dari data Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Kabupaten Probolinggo, ada sebanyak 969 bacakades yang sudah mendaftar di 253 desa se-Kabupaten Probolinggo.

Dari banyaknya calon tersebut, ada beberapa desa yang calonnya lebih dari 5. Di antaranya Desa Sumberkedawung, Kecamatan Leces, dan Desa Brani Wetan, Kecamatan Maron, yang sama-sama ada 11 bacakades.

Baca Juga : Tingkatkan Capaian Vaksinasi, Puskesmas Jabung Sisir Bakal Menggandeng Bacakades

Lalu, Desa Segaran, Kecamatan Tiris, Desa Gading Wetan, Kecamatan Gading, Desa Sebaung, Kecamatan Gending, dan Desa Selogudig Wetan, Kecamatan Pajarakan masing-masing ada 10 bacakades.

Baca Juga : Tingkatkan Capaian Vaksinasi, Puskesmas Jabung Sisir Bakal Gandeng Bacakades

Kemudian, Desa Dringu, Kecamatan Dringu, dan Desa Ranu Wurung, Kecamatan Tiris, masing-masing ada 9 bacakades.

Kabid Penataan Desa pada DPMD setempat, Nur Rahmad Sholeh mengatakan banyaknya pendaftar ini menunjukkan tingginya antusias masyarakat untuk menjadi pemimpin di desanya.

Namun banyaknya bacakades ini tetap akan dilakukan seleksi. "Sehingga jadi 5 calon kepala desa," terangnya, Kamis (11/11).

Nantinya panitia akan melakukan seleksi tambahan terhadap calon-calon tersebut. Yang meliputi, kriteria umur, tingkat pendidikan dan pengalaman pada lembaga pemerintahan. Itu semua bakal dihitung sesuai poin yang didapat dari seleksi. "Masing-masing ada bobot nilainya," ujarnya.

Sekadar informasi, tahapan verifikasi berkas pendaftaran dimulai pada 10 November sampai 7 Desember. Sedangkan pemungutan suara pemilihan Pilkades Serentak tahap II di 253 desa ini direncanakan akan berlangsung pada 17 Februari 2022. (zr/don)