Mochammad Angga


Wartawan Tadatodays.com | 2021-08-29 22:12:18

TPA Anggrek Terbakar Hebat, 5 Truk dan Ratusan Gerobak Hangus

BARA: Kobaran api di lokasi kebakaran cepat membesar dan menghanguskan 5 kendaraan, ratusan gerobak sampah dan area parkir. Dari hitungan DLH, kebakaran di TPA Anggrek itu mengakibatkan kerugian hingga 4,5 miliar rupiah.

PROBOLINGGO, TADATODAYS.COM - Tempat Pemrosesan Akhir (TPA) Bestari atau yang dikenal dengan TPA Anggrek, Jl. Lingkar Utara, Kelurahan Sukabumi, Kecamatan Mayangan, Kota Probolinggo, terbakar pada Minggu (29/8/2021) sekitar pukul 17.00 WIB. Hingga Minggu malam, proses pemadaman masih berlangsung. Termasuk mendinginkan 5 armada truk yang dilalap api.

Informasi yang dihimpun tadatodays, bermula saat petugas Dinas Lingkungan Hidup (DLH) setempat melakukan pekerjaan di area TPA. Tanpa disadari, muncul api di bagian parkir truk sampa. Karena hembusan angin yang kencang, api membesar dan merembet ke material sampah dan bangunan TPA.

Baca Juga : Gudang Triplek di Dringu Terbakar

Marsit, salah satu petugas TPA menuturkan, setiap Minggu tidak ada aktivitas pemrosesan di TPA Bestari dan hanya dilakukan penjagaan. Nah, tiba-tiba ia dan pegawai lain melihat munculnya api.

Baca Juga : Polisi Masih Selidiki Penyebab Kebakaran di TPA Anggrek, Kerugian Rp 4,5 Miliar

Marsit langsung berusaha memadamkan api menggunakan selang air yang berada di tempat kejadian perkara. Namun, api begitu cepat membesar lantaran angin di TKP sangat kencang. "Api tidak berhasil dipadamkan karena terlalu besar," katanya.

Mengetahui api tak bisa padam, ia dan beberapa petugas TPA menghubungi dan melaporkan kejadian kebakaran kepada petugas damkar melalui call center 112.

Tak lama kemudian, tiga unit mobil pemadam kebakaran Kota Probolinggo dan satu unit armada damkar dari Kabupaten Probolinggo tiba di lokasi kebakaran.

Api yang membesar selama sekitar 2 jam akhirnya berhasil dipadamkan. Karena khawatir api kembali muncul, petugas tetap melakukan penyemprotan untuk memastikan bahwa api benar-benar padam.

Hingga pukul 21.16, petugas masih melakukan penyelidikan atas kebakaran tersebut. "Api belum diketahui berasal dari mana," kata Kasatpol PP Kota Probolinggo, Aman Suryaman.

Sementara, Wali Kota Probolinggo Hadi Zaenal Abidin yang memantau kebakaran tersebut mengatakan, berdasarkan informasi sementara, ada 5 unit truk yang terbakar. Di antaranya, satu unit kendaraan pengangkut sampah, dan dua truk yang berfungsi memadatkan sampah, “Serta ratusan gerobak sampah ikut terbakar,” ujar wali kota. (ang/don)