Mochammad Angga


Wartawan Tadatodays.com | 2020-12-09 14:32:53

TPS di Pasuruan Usung Tema Goweser

UNIK: TPS 09 di Keluruhan Gentong, Kecamatan Gadingrejo, Kota Pasuruan mengusung tema Goweser untuk menarik minat pemilih

PASURUAN, TADATODAYS.COM - Menggiring pemilih untuk menggunakan hak suaranya dalam pemilihan umum, menjadi tantangan bagi petugas pemungutan suara. Bahkan, berbagai cara dilakukan oleh panitia agar pemilih datang ke tempat pemungutan suara (TPS).

Seperti yang dilakukan oleh Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) di TPS 09, Keluruhan Gentong, Kecamatan Gadingrejo, Kota Pasuruan. Untuk menarik minat warga, KPPS mengkonsep TPS-nya dengan mengusung tema Goweser.

Baca Juga : Klaim Unggul di Pilkada Banyuwangi, Ipuk-Sugirah Minta Pendukung Kawal Hasil

Untuk menguatkan konsep tersebut, 6 orang anggota KPPS menggunakan kostum komunitas bersepeda atau goweser lengkap dengan helm khusus pesepeda. Tak cukup disitu, KPPS juga memarkir sepeda di depan pintu masuk TPS.

Baca Juga : Hanya Dapat 70 Suara, Paslon Salam-Ifan Kalah di TPS Sendiri

Ada pula 2 sepeda kuno yang dijadikan spot foto bagi pemilih setelah mencoblos. Bahkan, petugas juga menyiapkan kulkas berisi minuman khusus untuk pemilih yang menggunakan hak suaranya.

Saat tadatodays.com berkunjung ke TPS tersebut pada Rabu (9/12/2020), petugas sudah siap melakukan pelayanan terhadap 431 pemilih.

Menurut ketua TPS 09 Kelurahan Gentong, Imron Rosyadi, ide itu dipilih untuk mengikuti tren masyarakat dengan bersepeda di masa pandemi untuk meningkatkan imunitas.

"Konsep ini juga menjadi pesan untuk pemilih agar tetap sehat. Itu juga sesuai dengan cita-cita kita, yakni pilkada sehat" kata Imron, saat ditemui di batas lokasi pencoblosan.

Menurut Imron, TPS 09 bukan kali pertama memunculkan keunikan saat pemilihan umum. Saat Pemilihan Presiden tahun 2019 lalu juga menampilkan TPS unik.

Nah, karena coblosan kali ini digelar di tengah pandemi Covid-19, KPPS di TPS 09 ini juga menerapkan protokol kesehatan. Seperti menyiapkan tempat cuci tangan, masker, dan mengatur jarak antar pemilih.

Untuk meminimalisir kerumunan pemilih yang berasal dari RT 6 dan 7 RW 7, serta RT 1, 2, 3 RW, petugas sudah mengatur waktu antar pemilih dari setiap RT. (ang/don)