Rifky Leo Argadinata


Wartawan Tadatodays.com | 2022-04-01 20:38:04

Tradisi Bersih-bersih Makam Menjelang Ramadan di Banyuwangi

TRADISI: Membersihkan makam keluarga setiap menjelang Ramadan sudah menjadi tradisi warga Desa Benculuk, Kecamatan Cluring, Kabupaten Banyuwangi. Tradisi itu tetap dilestarikan oleh warga saat menjelang bulan Ramadan, Jumat (1/4/2022).

BANYUWANGI, TADATODAYS.COM - Puluhan warga Desa Benculuk, Kecamatan Cluring, Kabupaten Banyuwangi, besama-sama membersihkan makam dan ziarah kubur di TPU Benculuk, Jumat (1/4/2022). Kegiatan itu sudah menjadi tradisi warga setempat menjelang datangnya bulan Ramadan.

Bagi warga Desa Benculuk, bersih-bersih makam dan ziarah kubur itu juga bertujuan untuk mengingat keluarga ataupun leluhur yang sudah meninggal.

Baca Juga : “Bibibi”, Tradisi Berbagi di Hari Ke-27 Ramadan di Probolinggo

Yusuf, salah satu warga setempat mengatakan, kegiatan ini rutin dilakukan oleh warga Desa Benculuk ketika menjelang bulan suci Ramadan. "Juga sebagai bukti kalau kita masih ingat dan menghargai mereka yang sudah tiada," katanya.

Baca Juga : Puncak Arus Mudik, Jumlah Pemudik di Pelabuhan Ketapang Tercatat 30 Ribu Lebih

Saat bersih makam, terlihat beberapa warga membawa peralatan seperti celurit, cangkul serta sapu lidi yang digunakan membersihkan makam.

Beberapa warga yang datang juga membawa bunga untuk ditaburkan di makam keluarga.

Kepala Dusun/Desa Benculuk, Asmad mengatakan kalau kegiatan tersebut sudah menjadi tradisi secara turun temurun untuk menghargai mereka yang sudah meninggal. "Ini wujud menjaga tradisi. Sehingga masyarakat masih ingat dan menghargai keluarga yang tiada," katanya. (rl/don)