Zainul Rifan


Wartawan Tadatodays.com | 2021-05-25 21:41:10

Tumpukan Kayu di Pabrik Gula Sebaung Terbakar

SI JAGO MERAH: Petugas pemadam kebakaran membutuhkan waktu cukup lama untuk memadamkan api yang membakar tumpukan kayu di PG Sebaung. (foto: istimewa)

PROBOLINGGO, TADATODAYS.COM - Tumpukan kayu pembakaran milik Pabrik Gula (PG) Sebaung, Kecamatan Gending, Kabupaten Probolinggo, terbakar pada Selasa (15/5/2021), sekira pukul 16.00 WIB. Meski tidak menjalar ke area produksi pabrik dan tak menimbulkan korban, namun proses pemadaman berlangsung hingga pukul 20.30 WIB.

Kasi Pemadaman dan Penyelamatan Damkar Kabupaten Probolinggo, Su'ud mengatakan, tumpukan kayu yang terbakar hanya sebagian. Ia juga tidak mengetahui kayu tersebut bakal digunakan untuk pembakaran di bagian produksi yang mana.

Baca Juga : Toko Sandal Terbakar, Kerugian Capai Belasan Juta

Kayu-kayu tersebut berada di dalam pabrik sisi selatan dekat tempat timbang tebu. Su'ud juga masih belum mengetahui penyebab dari kebakaran tersebut. "Saya tanya-tanya gak ada yang jawab," katanya pada tadatodays.com, Selasa (25/5) malam.

Baca Juga : Motor Satria Terbakar saat Mengisi BBM di SPBU

Ia menyampaikan, saat mendapatkan informasi tentang kebakaran itu pihaknya langsung bergerak menuju lokasi. Akan tetapi petugas damkar mengalami kesulitan saat melakukan pemadaman, sebab api sudah menjalar ke tumpukan kayu bagian bawah.

Mulai pukul 16.00 WIB, petugas damkar terus melakukan pemadaman hingga pukul 20.30 WIB. Hal itu, untuk memastikan api sudah benar-benar padam.

Beruntung, lokasi kebakaran itu dekat dengan sungai yang airnya mengalir cukup banyak. Sehingga petugas tak perlu bolak balik untuk melakukan pengambilan air.

Dalam kebakaran itu, damkar menurunkan 10 personil dengan dua unit mobil damkar. Satu unit mobil damkar tangki besar dengan kapasitas 5 ribu liter, dan satu unit mobil tangki kapasitas 3 ribu liter. (zr/don)