Zainul Rifan


Wartawan Tadatodays.com | 2022-06-30 12:48:55

Turun Revisi SK Pemberhentian, Eny Kusrini Segera Diganti Usman Muhtadi

PERSIDANGAN: Persidangan gugatan Eny Kusrini terhadap PKB setelah diberhentikan pada 2021 lalu. Kini telah turun SK Gubernur tentang pemberhentian Eny Kusrini.

PROBOLINGGO, TADATODAYS.COM - Keanggotaan Eny Kusrini di DPRD Kabupaten Probolinggo dari PKB segera digantikan Usman Muhtadi melalui proses Pergantian Antar Waktu (PAW). Sebab, sudah turun revisi Surat Keputusan (SK) Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa tentang pemberhentian Eny Kusrini dan penggantinya.

Sebelumnya, Gubernur Jatim sudah mengeluarkan surat pemberhentian Eny Kusrini. Namun, surat itu ditarik untuk direvisi. Kini, surat keputusan tersebut sudah selesai diperbaharui. 

Baca Juga : Ahmad Nahrowi Dilantik sebagai Anggota DPRD Kabupaten Probolinggo

SK yang sudah diperbaharui itu bernomor 171.426/571/011.2/2022 tentang perubahan atas keputusan gubernur  171.426/501/011.2/2022, tentang peresmian pemberhentian anggota Dewan Kabupaten Probolinggo.

Baca Juga : Ahmad Nahrowi Resmi Dilantik sebagai Anggota DPRD Kabupaten Probolinggo

Tidak ada perubahan yang cukup signifikan. Hanya, jika sebelumnya pada point dua tertulis SK tersebut diberlakukan sejak 12 Maret 2022, kini diganti menjadi diberlakukan sejak tanggal ditetapkan. SK tersebut ditetapkan pada tanggal 24 Juni 2022.

Wakil Ketua DPRD Kabupaten Probolinggo Oka Mahendra Jati Kusuma mengatakan, kalau SK pemberhentian tersebut berbarengan dengan SK Peresmian Pengangkatan Pengganti Antar Waktu (PAW) DPRD Kabupaten Probolinggo. Surat bernomor 171.426/578/011.2/2022 itu secara resmi mengangkat Usman Muhtadi sebagai PAW Eny Kusrini.

Untuk proses selanjutnya, kata Oka, tinggal menunggu rapat Badan Musyawarah (Banmus). Namun, rapat Banmus terkait hal tersebut masih belum ditentukan kapan akan dilaksanakan. Yang jelas, pada Kamis (30/6/2022) malam akan ada rapat Banmus yang membahas seluruh jadwal kegiatan dewan kedepan.

Rapat itu menurut Oka juga akan membahas jadwal Banmus tentang agenda PAW Eny Kusrini, serta rapat paripurna untuk proses pelantikan Usman Muhtadi. "Nanti kita sinkronisasi dengan kegiatan dewan," ucap Oka, Kamis (30/6/2022)

Sementara itu, Wakil Ketua DPC PKB Kabupaten Probolinggo Mustofa berharap kepada ketua DPRD dan jajarannya untuk mempercepat agenda Banmus dan memplenokan pelantikan Usman Muhtadi. Sebab, proses hukum dan administrasi sudah terpenuhi.

Menurutnya, dengan mempercepat proses pelantikan ini dapat mencegah terjadinya polemik tentang PAW tersebut. Seperti polemik antar kader dengan partai yang saat ini dilalui PKB dan Eny Kusrini. "Juga dapat mencegah hal yang aneh-aneh," katanya.

Mustofa berharap, kader partai taat pada peraturan dan AD/ART partai. Sehingga hal serupa tidak terjadi lagi, sebagaimana menimpa Eny Kusrini yang di-PAW oleh PKB karena dinilai tidak patuh AD/ART partai. 

Sementara, tadatodays.com mencoba mengonfirmasi Eny Kusrini melalui kuasa hukumnya, Hasmoko. Namun hingga berita ini ditulis, panggilan telepon seluler dan pesan via whatsapp tak kunjung direspon. (zr/why)